·
59. BAB 3 LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT Tujuan
Pembelajaran Kamu dapat menggambarkan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ling-
kungan tidak sehat, mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
kesehatan, dan menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan. Pernahkah kamu
melihat tumpukan sampah di sekitarmu? Bersihkah sungai di lingkunganmu?
Bersihkah udara di sekitar jalan raya kota atau desa- Kata Kunci mu? Coba
bandingkan kondisi lingkunganmu de- ngan kondisi lingkungan di suatu pegunungan
atau desa terpencil yang jauh dari keramaian! Samakah Kondisi lingkung- an:
keadaan ling- kondisinya? Mengapa demikian? kungan. Awalnya, kondisi lingkungan
di setiap tempat semuanya bersih, sehat, dan alami. Pohon-pohon masih rindang,
air sungai masih mengalir jernih, udara belum terkena polusi, tanah pun masih
bersih dari polusi. Namun, mengapa kondisi tersebut dapat berubah?
·
60. A. Perbedaan antara Lingkungan Sehat Kata Kunci dengan Lingkungan
Tidak Sehat Lingkungan se- Agar dapat hidup dengan baik, maka setiap hat: suatu
dae- rah yang belum makhluk hidup memerlukan lingkungan yang sesuai terkena
pence- dengan sifat dan kebutuhannya. Misalnya, manusia maran atau polu- hanya
dapat hidup di darat, sedangkan ikan hidup si. Lingkungan ti- di lingkungan
perairan, dan sebagainya. dak sehat: sua- tu daerah yang tidak layak dija-
dikan tempat tinggal makhluk hidup karena su- dah terkena pen- cemaran atau
polusi. a Perhatikan Gambar 1. Gambar tersebut mem- perlihatkan lingkungan dari
dua daerah yang berbe- da, yaitu daerah pegunungan dan daerah industri.
Pernahkah kamu berada di kedua daerah tersebut? Apa yang kamu rasakan? Bila
berada di daerah pegunungan, maka kamu akan merasakan sejuk. Udara yang dihirup
terasa segar. Lain halnya apabila kamu berada di suatu daerah industri. Udara
di daerah industri terasa panas, berdebu, dan menyesakkan pernapasan. b Mengapa
demikian? Gambar 1 Kondisi Ling- kungan di Daerah Pegu- Kebersihan lingkungan
rumah kita harus selalu nungan (a) dan di Daerah diperhatikan. Setiap hari,
lantai rumah sebaiknya Industri (b) Sangat Ber- disapu agar kotoran tidak
menumpuk di lantai. beda (Sumber: Foto Haryana) 52 Ilmu Pengetahuan Alam 3
untuk SD dan MI
·
61. 1. Lingkungan Sehat Perhatikan lingkungan di sekitarmu! Apakah lingkunganmu
termasuk lingkungan sehat? Ling- kungan sehat adalah lingkungan yang bersih.
Ling- kungan sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut: a. Udara bersih dan
segar. b. Tanah yang subur. c. Sumber air yang bersih. a d. Air sungai yang
mengalir terlihat bersih dan jernih. e. Sampah tidak berserakan. f. Banyak
tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur. Kamu mempunyai kewajiban untuk
mewujudkan lingkungan sehat. Lingkungan sehat akan membuat kesehatan kita
terjaga dan betah menghuninya. b 2. Lingkungan Tidak Sehat Keadaan lingkungan
di sekitar manusia tinggal, ada yang memenuhi syarat kesehatan dan ada pula
yang tidak memenuhi syarat kesehatan. Lingkungan yang tidak memenuhi syarat
kesehatan merupakan lingkungan yang tidak sehat. Ciri-ciri lingkungan yang tidak
sehat adalah sebagai berikut: a. Udara kotor karena banyak debu dan asap. b.
Sampah banyak berterbaran. c c. Sumber air tidak bersih. Gambar 2 Menyapu (a),
d. Saluran air tidak lancar sehingga air mengge- Membuang Sampah di nang.
Tempatnya (b), Menyirami Tumbuhan (c) Termasuk e. Tumbuhan tidak bisa tumbuh
dengan subur Contoh-Contoh Tindakan sehingga lingkungan menjadi gersang. yang
Dapat Menyehatkan Lingkungan Lingkungan yang tidak sehat mengakibatkan
berjangkitnya berbagai penyakit, bau yang tidak sedap, dan pemandangan yang
buruk. 53 Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat
·
62. Agar terwujud rumah yang sehat, maka lokasi- Kolom Info nya harus
benar-benar diperhatikan. Rumah yang sehat sebaiknya terletak di lokasi yang
memiliki Manusia yang hi- fasilitas-fasilitas yang sesuai dengan syarat-syarat
dup di lingkungan rumah sehat. Syarat-syarat tersebut, antara lain, yang sehat,
dapat mengembangkan adanya fasilitas air minum, pengaliran air limbah, diri
secara maksi- tempat pembuangan sampah yang memadai, dan mal. Sedangkan
penerangan yang cukup. manusia yang hi- dup di lingkungan Jadi, hal-hal yang
harus diperhatikan agar ke- yang tidak sehat bersihan dan kesehatan masyarakat
dapat tercipta akan sibuk oleh dengan baik, antara lain: urusan berbagai macam
penyakit. a. mendirikan perumahan sederhana dan sehat Jadi, terserah kita yang
harganya terjangkau oleh masyarakat; mana yang dipilih. b. pembasmian
hewan-hewan yang dapat menye- barkan bibit penyakit, seperti lalat dan nyamuk;
c. penghijauan di sekitar perumahan agar udara selalu bersih dan segar; d.
pengawasan terhadap polusi udara, air, dan tanah; serta e. pengawasan terhadap
bahaya radiasi dan sisa- sisa unsur radioaktif. Usaha-usaha yang dapat
dilakukan untuk me- nanggulangi polusi lingkungan, antara lain: a. setiap
pabrik diharuskan mempunyai sarana pe- nyaringan udara agar udara lingkungan
tidak Gambar 3 Penghijauan Perlu Dilakukan untuk Men- tercemar; jamin
Terciptanya Lingkung- b. setiap pabrik harus mempunyai bak penam- an yang Sehat
pungan limbah cair dan mempunyai sarana daur ulang limbah tersebut; Gambar 4
Bak Penampungan dan Pengolahan Limbah Perlu Dimiliki oleh Setiap Pabrik
(Sumber: Encarta Encyclopedia) 54 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
63. c. menjaga agar daerah perumahan dengan dae- rah industri memiliki
jarak yang cukup jauh; d. air limbah industri diolah kembali, baik secara
biologis ataupun nonbiologis, seperti sedimen- tasi dan filtrasi. KEGIATAN 1
Perbedaan Lingkungan Sehat dengan Lingkungan Tidak Sehat (1) 1. Perhatikan kedua
gambar berikut ini, lalu diskusikan dengan teman-teman dalam kelompokmu! a 2.
Apakah perbedaan antara gambar a dengan gambar b? 3. Menurut pendapatmu, gam-
bar a atau gambar b yang menunjukkan kondisi ling- kungan yang tidak sehat?
Mengapa demikian? Beri a- lasannya! b 4. Dengan melihat gambar a, coba sebutkan
penyebab udara kotor! 5. Apa akibat udara kotor bagi kesehatan? 6. Termasuk
lingkungan sehat atau tidak sehat lingkungan di sekitar tempat tinggalmu?
Mengapa? 7. Kesimpulan apa yang dapat kamu peroleh? Tulis pendapat dan
kesimpulannya di buku tugasmu! 55 Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat
·
64. B. Penyebab Pencemaran Lingkungan Pertambahan jumlah penduduk yang
cepat membawa akibat bagi lingkungan hidup terutama di kota, yaitu timbulnya polusi
atau pencemaran. Pen- Kata Kunci cemaran adalah pengotoran lingkungan yang
dise- babkan oleh adanya sisa produksi atau kegiatan Penyebab pen- cemaran
ling- manusia. Pencemaran yang terjadi dapat meng- kungan: hal-hal ganggu
kesehatan lingkungan maupun kesehatan yang dapat me- makhluk hidup yang tinggal
di dalamnya. ngotori lingkung- an. Menurut jenisnya, pencemaran lingkungan da-
pat dibedakan menjadi empat macam. Keempat ma- cam pencemaran tersebut adalah
pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran suara. 1.
Pencemaran Udara Pencemaran udara dapat disebabkan oleh asap pabrik, asap
kendaraan bermotor, pembakaran sam- pah, kebakaran hutan, dan sebagainya.
Pence- maran udara terparah di Indonesia terjadi pada akhir tahun 1997. Pencemaran
tersebut disebabkan adanya kebakaran hutan di Kalimantan dan Irian Jaya. Gambar
5 Asap yang Keluar dari Cerobong Pa- 2. Pencemaran Air brik Merupakan Salah
Satu Penyebab Pencemaran Pencemaran air disebabkan oleh adanya pem- Udara
buangan limbah rumah tangga dan limbah pabrik ke dalam lingkungan. Tingkat
pencemaran air yang tinggi umumnya terjadi di daerah-daerah yang padat
penduduknya. 56 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
65. Perhatikan gambar di samping! Apa yang dapat kamu lihat dari gambar
tersebut? Banyak sekali sampah yang dibuang ke sungai. Sampah tersebut dapat
menggang- gu aliran sungai dan mencemari su- ngai. Jadi, agar sungai kita tidak
kotor, jangan buang sampah dan limbah ke dalam sungai! Gambar 6 Sungai yang
Penuh Timbunan 3. Pencemaran Tanah Sampah Dapat Menghambat Aliran Air sehingga
Perbuatan membuang sampah Perlu Dibersihkan di sembarang tempat dapat men-
cemari lingkungan. Sampah harus dibuang di lokasi pembuangan sampah yang
semestinya. Sampah tersebut akan diolah menjadi zat- zat yang tidak berbahaya
bagi ling- kungan. Sampah antara lain berupa sampah organik yang berasal dari
Gambar 7 Pencemaran Tanah Dapat Disebab- makhluk hidup. Contoh sampah or- kan
oleh Sampah yang Terus Menggunung ganik, antara lain, daun-daun, sisa- sisa
makanan, dan sebagainya. Selain sampah Kolom Info organik, ada pula sampah
anorganik. Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari benda Sampah
anorganik ter- utama yang berupa ka- tak hidup. Contoh sampah anorganik, antara
lain, leng, kertas, botol, dan kaleng, botol, plastik, dan sebagainya. plastik
umumnya dapat Sampah organik dapat membusuk dan terurai didaur ulang. Oleh
kare- na itu, saat membuang oleh bakteri atau jamur menjadi zat-zat yang tidak
sampah, pisahkanlah berbahaya bagi lingkungan. Zat-zat yang telah sampah
anorganik de- terurai ini dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan. Se- ngan sampah
organik mentara itu, sampah anorganik tidak dapat terurai agar sampah anorganik
dapat lebih mudah diam- secara alamiah sehingga diperlukan campur tangan bil
untuk didaur ulang. manusia untuk melakukannya. 57 Lingkungan Sehat dan
Lingkungan Tidak Sehat
·
66. Apakah yang terjadi jika sampah-sampah ini, terutama sampah
anorganik, terus dibuang dan dibiarkan menggunung di lingkungan hidup kita?
Coba diskusikan bersama! 4. Pencemaran Suara Kemajuan teknologi manusia selain
menghasil- Kolom Info kan kemakmuran juga menimbulkan pencemaran. Selain
pencemaran udara, pencemaran air, dan Di sekitar lapangan pencemaran tanah,
pencemaran suara pun timbul udara biasanya di larang mendirikan dari kemajuan
teknologi ini. Pencemaran suara bangunan untuk pe- terutama terjadi di daerah
perkotaan maupun di mukiman atau yang daerah perindustrian. Mengapa demikian?
Coba lainnya. Hal ini dika- diskusikanlah bersama! renakan bisingnya suara
pesawat ter- bang yang dapat membuat telinga mengalami ganggu- an. Gambar 8
Pencemaran Suara di Kota Umumnya Disebabkan oleh Banyaknya Kendaraan Bermotor
C. Pengaruh Pencemaran Lingkungan terhadap Kesehatan Telah dijelaskan
sebelumnya, bahwa pencemar- an lingkungan dapat dibedakan menjadi pencemar- an
udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran suara. Segala bentuk
pencemaran ini dapat mengganggu kesehatan makhluk hidup mau- pun lingkungan. 58
Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
67. 1. Pengaruh Pencemaran Udara terhadap Kesehatan Udara kotor
mengandung zat-zat kimia, debu, dan bibit penyakit. Penyakit yang disebabkan
oleh pencemaran udara, antara lain sesak napas, asma, dan bahkan dapat menyebabkan
kanker. Debu yang beterbangan dapat masuk ke dalam mata sehingga mata menjadi
merah dan mengganggu penglihatan. Untuk menjaga agar mata tidak terkena debu
atau kotoran, maka saat melakukan perjalanan, kamu sebaiknya memakai kacamata
jalan dan mencuci muka setelah sampai di tempat tujuan. Gambar 9 Kacamata Pe-
Apabila debu menempel pada kulit, maka kulit lindung Digunakan Saat Bersepeda
atau Melaku- akan terasa gatal dan bersisik. Usahakan mandi kan Perjalanan Agar
Mata secara teratur setiap hari agar kulit menjadi bersih Terhindar dari Debu
atau dan sehat. Kotoran yang Beterbangan (Sumber: Corbeil, J.C & A., 2.
Pengaruh Pencemaran Air terhadap Archambaut. 2004. Kamus Visual Indonesia -
Inggris) Kesehatan Pencemaran air dapat merugikan kesehatan makhluk hidup
maupun lingkungan. Air yang telah tercemar membahayakan kesehatan. Mengapa? Air
yang telah tercemar mengandung bibit-bibit penyakit dan zat-zat kimia beracun.
Penyakit yang muncul karena pencemaran air, antara lain diare, muntaber,
gatal-gatal, dan berbagai penyakit kulit lainnya. Gunakanlah air yang bersih
dan sehat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ciri-ciri air yang menyehatkan,
antara lain air tersebut bersih, tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna
(jernih), dan tidak mengandung bibit penyakit. Sebelum dikon- sumsi, air direbus
sampai mendidih. Hal ini bertuju- Gambar 10 Merebus Air an agar bibit penyakit
terdapat di dalam air dapat Dapat Mematikan Kuman- Kuman Penyakit yang Hi-
mati. dup di Dalam Air Tersebut 59 Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat
·
68. 3. Pengaruh Pencemaran Tanah terhadap Kesehatan Tanah yang tercemar
akan berkurang kesubur- annya. Selain itu, zat-zat pencemar juga dapat ter-
serap oleh tumbuhan. Tumbuhan tersebut kemudian dimakan oleh hewan atau
manusia. Akibatnya, zat pencemar tersebut akan berpindah ke dalam tubuh hewan
atau manusia. Apa yang terjadi jika zat pen- cemar yang masuk ke dalam tubuh
hewan atau manusia itu bertambah banyak? Diskusikan bersa- Gambar 11 Tanah
Dapat ma temanmu! Menjadi Tandus Jika Te- rus-Menerus Terkena Pen- 4. Pengaruh
Pencemaran Suara cemaran Makhluk hidup, terutama hewan dan manusia, diberikan
indra pendengar yang memiliki kepekaan berbeda-beda. Mengapa demikian? Manusia
hanya mampu menangkap suara yang mempunyai kisaran frekuensi tertentu. Tahukah
kamu, berapakah kisar- an frekuensi suara yang dapat ditangkap manu- sia?
Seiring dengan perkembangan teknologi, ba- nyak benda yang dihasilkan untuk
mempermudah kehidupan manusia. Contoh benda-benda tersebut, antara lain,
kendaraan bermotor, kapal laut, pesa- wat terbang, dan mesin-mesin pabrik.
Suara yang dihasilkan oleh benda-benda tersebut sangat bising dan dapat
menimbulkan polusi suara. Pengaruh polusi suara, antara lain mudah ter- Gambar
12 Penggunaan kejut, cepat marah, tertekan, daya pendengaran ber- Pelindung Telinga
Sangat kurang, dan sebagainya. Apakah rumahmu terletak Diperlukan Saat Bekerja
di Lingkungan yang Bising di dalam lingkungan yang bising? Apa yang kamu
rasakan saat berada di dalam lingkungan yang bising? Kamu merasa tidak nyaman,
bukan? 60 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
69. Hal-hal yang perlu dilakukan agar tidak terkena Kolom Info pengaruh
polusi suara, antara lain: 1. sebaiknya jangan membangun rumah di tepi
Orang-orang kota jalan raya yang dilalui banyak kendaraan ber- biasanya senang motor,
sekali berlibur ke daerah pedesaan. 2. memakai penutup telinga saat berada di
ling- Salah satu alasan kungan yang sangat bising. mereka adalah ka- rena di
desa belum Coba tulis di buku tugasmu beberapa contoh terlalu bising. cara yang
lain! KEGIATAN 2 Perbedaan Lingkungan Sehat dengan Lingkungan Tidak Sehat (2)
Perhatikan gambar berikut! Berikan keterangan sesuai dengan pendapatmu dan
tulis di buku tugasmu! Tentukan dari tempat-tempat tersebut yang merupakan
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat? No. Lingkungan Keterangan 1. 2. 61
Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat
·
70. No. Lingkungan Keterangan 3. 4. (Sumber: Corbeil, J.C & A.,
Archambaut. 2004. Kamus Visual Indonesia - Inggris; Internet: Alp & Image;
Jackson, D. 1990. Khazanah Pengetahuan bagi Anak-Anak: Angkutan dan Komunikasi)
D. Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan Kata Kunci Bagaimana cara menjaga agar
lingkungan selalu Menjaga kesehatan sehat? Banyak cara yang dapat dilakukan
untuk lingkungan: mela- membuat lingkungan yang sehat, antara lain sebagai
kukan usaha untuk berikut: menjaga agar kon- 1. membuang sampah ke tempat
sampah; disi lingkungan te- tap sehat. 2. mengolah limbah sebelum dibuang ke
lingkung- an; 3. membersihkan lingkungan secara teratur; 4. menanam tanaman di
sekitar rumah dan lahan kosong dengan tanaman yang bermanfaat; Gambar 13
Pepohonan yang Ada di Sekitar Sekolah Membuat Lingkungan Menjadi Sehat 62 Ilmu
Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
71. 5. mengalirkan air yang tergenang melalui saluran air; 6. menciptakan
rumah yang sehat, yaitu rumah yang memiliki lubang angin atau ventilasi udara;
7. tidak membakar sampah di sembarang tempat; 8. tidak memetik bunga, tidak
mematahkan dahan, dan tidak menebang pohon secara sembarang- Gambar 14 Kerja
Bakti me- an. rupakan Salah Satu Cara Menjaga Kesehatan Ling- kungan KEGIATAN 3
Kondisi Tempat Rekreasi Amati apa yang kamu peroleh dan kamu rasakan ketika
meng- adakan rekreasi di suatu daerah. Tulis dalam bentuk laporan! Laporan yang
ditulis meliputi hal-hal berikut: 1. daerah yang diamati, 2. kondisi udara, 3.
kondisi tumbuhan yang hidup di daerah tersebut, 4. kondisi hewan yang dijumpai,
5. kondisi tanah, 6. kondisi air, 7. kesadaran masyarakat yang hidup di daerah
tersebut terhadap kesehatan lingkungan, dan 8. kesimpulan. AGAR DIINGAT 1.
Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu lingkungan sehat dan lingkungan
tidak sehat. 2. Lingkungan sehat adalah lingkungan yang belum tercemar, se-
dangkan lingkungan tidak sehat adalah lingkungan yang sudah tercemar. 3.
Menjaga kesehatan lingkungan dapat kita lakukan dengan cara membuang sampah
pada tempat pembuangan sampah, mem- bersihkan saluran air, menanam tumbuhan,
dan sebagainya. 63 Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat
·
72. 4. Untuk hidup sehat, manusia tidak hanya bergantung pada mutu dan
jumlah makanan saja, tetapi bergantung juga pada kesehatan lingkungannya. 5.
Lingkungan yang telah tercemar sangat merugikan kesehatan makhluk hidup yang
tinggal di dalamnya serta merugikan ke- sehatan lingkungan itu sendiri. 6. Setiap
individu harus turut serta menjaga kebersihan dan ke- sehatan lingkungan
sekitarnya masing-masing. PETA KONSEP Lingkungan meliputi Lingkungan Sehat
Lingkungan Tidak Sehat upaya melestarikan terjadi karena – Menanam Pohon di
Sekitar Rumah Pencemaran Lingkungan – Membuang Sampah di Tempatnya terdiri atas
– Menimbun Tempat Pembuangan sampah dengan Tanah – Pencemaran Udara – Melakukan
Reboisasi – Pencemaran Air – Pencemaran Tanah – Pencemaran Suara PELATIHAN A.
Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau d
di buku tugasmu! 1. Udara yang masih segar biasanya terdapat di daerah .... a.
pegunungan c. jalan raya b. pasar d. terminal bus 2. Apabila kesehatan
lingkungan terjaga, maka .... a. makhluk hidup yang berada di dalamnya akan
sakit b. makhluk hidup yang berada di dalamnya akan sehat c. makhluk hidup yang
berada di dalamnya akan menderita d. makhluk hidup yang berada di dalamnya akan
berkurang 64 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
73. 3. Pencemaran dapat disebut pula .... a. erosi c. abrasi b. korosi
d. polusi 4. Penanaman pohon dapat berfungsi sebagai .... a. pengering udara c.
pengatur udara b. pembersih udara d. penggerak udara 5. Bila rumah tidak
mempunyai ventilasi yang baik, maka akan berakibat sebagai berikut, kecuali
.... a. udara menjadi lembap b. udara menjadi kering c. udara cukup mengandung
oksigen d. jamur dapat tumbuh dengan baik 6. Pernyataan berikut yang termasuk
jenis pencemaran air adalah .... a. mengambil air sungai untuk menyiram
tumbuhan b. mencuci pakaian di sungai c. memancing di sungai dengan menggunakan
kail yang kotor d. memasukkan kaki ke dalam air sungai 7. Agar tidak mencemari
lingkungan, maka sampah sebaiknya dibuang di .... a. sembarang tempat b. laut
c. sungai d. tempat pembuangan yang telah disediakan 8. Salah satu contoh
lingkungan yang sehat adalah .... a. halaman rumah yang gersang b. halaman
rumah yang becek c. halaman rumah yang ditanami tumbuhan d. halaman rumah
dengan sampah bertebaran di mana-mana 9. Jika bandara pesawat terbang dibangun
di dekat permukiman penduduk, maka dampak yang ditimbulkannya adalah .... a.
penduduk terhibur karena dapat melihat aneka jenis pesawat terbang b. penduduk
akan terkena pencemaran suara c. penduduk memperoleh pekerjaan di bandara d.
penduduk dapat berjualan di bandara 10. Kebakaran hutan terutama dapat
menimbulkan pencemaran .... a. air c. udara b. tanah d. suara 65 Lingkungan
Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat
·
74. B. Isilah titik-titik dari soal berikut di buku tugasmu! 1. Udara
yang baik bagi kesehatan adalah udara yang .... 2. Udara yang telah tercemar
biasanya mengandung .... 3. Jendela dan lubang angin pada rumah berguna untuk
.... 4. Rumah yang memenuhi standar kesehatan disebut rumah .... 5. Agar tidak
mencemari lingkungan, sampah sebaiknya dibuang di .... 6. Udara yang tercemar
dapat mengganggu kesehatan kita terutama ke- sehatan .... 7. Beberapa contoh
penyakit yang disebabkan oleh udara yang tercemar, antara lain .... 8. Usaha
yang dapat kita lakukan agar udara tetap bersih adalah .... 9. Contoh-contoh
penyebab pencemaran air adalah .... 10. Contoh-contoh penyebab pencemaran suara
adalah .... C. Kerjakanlah soal-soal berikut di buku tugasmu! 1. Apakah yang
dimaksud dengan udara bersih? 2. Mengapa udara di pegunungan umumnya lebih
bersih daripada udara di kota? 3. Bagaimanakah yang harus dilakukan untuk
mengurangi pencemaran tanah? 4. Sebutkan akibat pencemaran suara bagi
kesehatan! 5. Mengapa kita harus merebus air sebelum air tersebut kita
konsumsi? 6. Sebutkan masalah-masalah yang terjadi akibat sampah! 7. Apakah
yang terjadi jika hewan makan tumbuhan yang tumbuh di tanah yang telah
tercemar? 8. Mengapa pekerja pabrik wajib mengenakan penutup telinga saat
berada di dalam lingkungan pabrik? 9. Bagaimana ciri-ciri air yang layak untuk
dikonsumsi? 10. Apa yang akan terjadi jika lingkungan kita terus-menerus
mengalami pencemaran? 66 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
75. BAB 4 SIFAT-SIFAT BENDA Tujuan Pembelajaran Kamu dapat
mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat,
cair, dan gas. Coba perhatikan benda-benda di sekitarmu! Benda apa saja yang
kamu temui? Ada bermacam- macam benda yang dapat kamu temui, antara lain meja,
kursi, air, buku, dan lain-lain. Benda-benda tersebut memiliki bermacam-macam
bentuk, ukur- an, warna, dan sifat-sifat. Gambar 1 Contoh Benda-Benda di
Sekitar Kita (Sumber: Corbeil, J.C & A., Archambaut. 2004. Kamus Visual
Indonesia - Inggris; Internet: Alp & Image)
·
76. Perhatikan Gambar 1. Pernahkah kamu melihat benda-benda seperti pada
gambar tersebut? Apabila dikelompokkan, benda-benda tersebut dapat dibeda- kan
menjadi tiga ujud, yaitu benda padat, cair, dan gas. A. Sifat-Sifat Benda Kata
Kunci Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda yang lainnya.
Misalnya, sifat meja Sifat benda: ciri- berbeda dengan sifat cermin, sifat kain
berbeda ciri khas yang di- dengan sifat plastik, dan sebagainya. Coba raba
miliki oleh suatu benda. dan pegang contoh-contoh benda tersebut! Dapat- kah
kamu merasakan perbedaannya? Dengan melihat, meraba, atau memegang suatu benda,
kita akan dapat mengetahui sifat-sifat suatu benda. Sifat-sifat suatu benda,
antara lain, ada yang halus, kasar, lunak, basah, bahkan ada benda yang
bercahaya. Contoh benda yang kasar, antara lain, batu, pasir, dan kulit pohon.
Contoh benda yang lunak, antara lain, pisang, lilin, dan roti. Contoh benda
yang basah, Kolom Info antara lain, air, es batu, dan semangka yang telah
dikupas. Contoh benda yang bercahaya, antara lain, Dengan memper- api,
matahari, dan lampu listrik yang sedang menyala. hatikan sifat-sifat Contoh
benda yang memiliki permukaan halus, benda, kita dapat membuat suatu antara
lain, kapas, bulu, kain, dan kaca. Tentunya benda lain untuk masih banyak
sifat-sifat lain dari benda-benda di tujuan tertentu. sekitar kita. Coba kamu
sebutkan sifat-sifat lain Misalnya, kita da- tersebut beserta contohnya
masing-masing! pat membuat kaca mata yang bahan- Seperti telah dikemukakan
sebelumnya, benda nya berasal dari terdiri dari tiga wujud, yaitu benda padat,
cair, dan kaca yang bersifat keras dan tembus gas. Masing-masing wujud benda
memiliki sifat-sifat pandang. tertentu. Sifat-sifat tertentu tersebut dapat
dilihat, di antaranya dari bentuk dan isinya. 68 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk
SD dan MI
·
77. Perhatikan berbagai benda pada gambar beri- kut! b d c a Gambar 2
Meja (a), Udara di Dalam Balon (b), Air di Dalam Gelas (c), dan Batu (d)
Memiliki Sifat-Sifat Berbeda (Sumber: Corbeil, J. C & A., Archambaut. 2004.
Kamus Visual Indonesia - Inggris; Rose, S.V. 2000. Jendela Iptek: Bumi) Meja
dan batu pada gambar di atas termasuk benda padat. Air yang terdapat di dalam
gelas ter- masuk benda cair, sedangkan udara di dalam balon karet termasuk
benda gas. 1. Sifat-Sifat Benda Padat Meja dan batu termasuk benda padat. Mengapa
Kolom Info demikian? Coba cocokkan sifat meja dan batu de- ngan sifat benda
padat berikut ini! Benda yang ba- a. Bentuk benda padat selalu tetap. Artinya,
jika nyak dimanfaatkan manusia biasanya benda itu dipindahkan ke mana pun,
bentuknya dalam wujud padat. tidak akan berubah. Dapatkah kamu b. Besar benda
padat selalu tetap. Artinya, jika menyebutkan con- tohnya? benda itu
dipindahkan ke mana pun, besarnya selalu tetap. Selain meja dan batu, penggaris
juga termasuk benda padat. Mungkin kamu dapat mencari contoh benda padat
lainnya. Untuk lebih meyakinkanmu bahwa batu dan penggaris termasuk benda
padat, lakukan kegiatan berikut! 69 Sifat-Sifat Benda
·
78. KEGIATAN 1 Sifat-Sifat Benda Padat Berhati-hatilah saat melakukan
kegiatan ini! a. Alat dan Bahan 1) Batu 2) Penggaris 3) Gelas 4) Ember b. Cara
Kerja 1) Letakkan batu di atas lantai! Perhatikan bentuk dan besar- nya! 2)
Ambil batu tersebut dan pindahkan ke dalam gelas. Apa yang dapat kamu lihat?
Berubahkah bentuknya? 3) Ambil penggaris dan letakkan di atas meja! Perhatikan
bentuk dan besarnya! 4) Pindahkan penggaris ke dalam ember! Apa yang dapat kamu
lihat? Berubahkah bentuknya? 5) Berdasarkan kegiatan ini, apa yang dapat kamu
simpulkan? Tulis di buku tugasmu! 70 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
79. 2. Sifat-Sifat Benda Cair a b c Gambar 3 Bentuk Benda Cair
(Misalnya, Air) Selalu Meng- ikuti Bentuk Wadahnya; Contohnya, Air di Dalam
Botol (a), Air di Dalam Ember (b), Air di Dalam Piring (c), Air di Dalam Gelas
(d), dan Air di Dalam Kaleng (e) Gambar-gambar di atas adalah gambar air yang
ditempatkan di dalam botol, di dalam ember, di dalam gelas, di dalam piring,
dan di dalam kaleng. Air ter- masuk benda cair. Bagaimanakah bentuk air yang d
terdapat di dalam botol? Bagaimanakah bentuk air yang terdapat di dalam gelas?
Bentuk air tersebut berubah sesuai dengan bentuk wadahnya. Benda cair memiliki
sifat-sifat, sebagai berikut. a. Bentuknya selalu berubah menyesuaikan ben- tuk
wadahnya. Artinya, jika air dimasukkan ke dalam botol, maka bentuknya akan seperti
botol. Jika air dimasukkan ke dalam gelas, maka bentuknya akan seperti gelas.
Demikian seterus- nya. b. Volumenya selalu tetap. Misalnya, air di dalam e
gelas yang memiliki volume 50 ml dimasukkan ke dalam botol, maka volume air di
dalam botol masih tetap 50 ml. 71 Sifat-Sifat Benda
·
80. Selain air, contoh benda cair yang lain adalah kecap, sirup,
alkohol, dan minyak. Coba sebutkan contoh-contoh yang lain. Untuk membuktikan
sifat- sifat benda cair tersebut, lakukan kegiatan berikut! KEGIATAN 2 Sifat-Sifat
Benda Cair Berhati-hatilah saat menggunakan alat yang terbuat dari kaca! a.
Alat dan Bahan 1) Gelas 2) Botol 3) Baskom 4) Air b. Cara Kerja 1) Isikan air
ke dalam gelas dan amatilah bentuknya! 2) Pindahkan air terse- but ke dalam
botol! Amatilah bentuknya! 3) Pindahkan air terse- but ke dalam bas- kom!
Bagaimanakah bentuk airnya? 4) Kembalikan air itu ke dalam gelas, berubahkah
volumenya? 5) Coba lakukan lagi kegiatan di atas dengan menggunakan benda cair
yang lain, seperti minyak atau sirup! 6) Apakah yang dapat kamu simpulkan?
Tulis di buku tugasmu! 72 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
81. 3. Sifat-Sifat Benda Gas Kolom Info Udara termasuk benda gas. Di
dalam paru-paru kita terdapat udara. Bila kita hembuskan udara ke Meskipun
terlihat ringan, namun uda- dalam sebuah balon karet, maka balon akan meng- ra
dapat menahan gelembung besar. Mengapa balon dapat meng- beban yang sangat
gelembung setelah kita tiup? Karena udara dari berat. Contohnya, udara yang
diisi- paru-paru tersebut mengisi seluruh ruangan balon. kan ke dalam ban-
Udara di dalam pompa, bentuknya seperti pom- ban kendaraan. Ban-ban tersebut pa
dan volumenya sebesar volume pompa. Bila uda- dapat menahan ra di dalam pompa
kita pompakan ke dalam ban beban kendaraan sepeda, maka udara tersebut akan
berubah bentuk dan seluruh isinya. Coba amati ban- seperti ban sepeda. ban
kendaraan Udara di dalam botol, bentuknya seperti botol yang sedang me- lintas
di jalan raya! dan volumenya sebesar volume botol. Bila air kita masukkan ke
dalam botol, maka udara yang berada di dalamnya akan terdesak keluar dan
bergabung dengan udara sekitar. Berbentuk seperti apakah udara di dalam kamar
tidur kita, di dalam bola sepak, di dalam perahu karet, atau di dalam
benda-benda yang lain? Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat di- ketahui bahwa
udara atau benda gas mempunyai sifat-sifat, sebagai berikut. 1) Bentuk benda
gas selalu berubah sesuai dengan bentuk wadahnya. Artinya, bila udara berada di
dalam botol, maka bentuk udara tersebut akan seperti botol. 2) Volume benda gas
selalu berubah dan meme- nuhi ruangan yang ditempatinya. Artinya, bila udara
berada di dalam botol, maka volume Gambar 4 Udara Selalu udara tersebut akan
sama dengan volume botol. Mengisi Seluruh Ruangan yang Ditempatinya 73
Sifat-Sifat Benda
·
82. Untuk membuktikan sifat udara atau benda gas tersebut, lakukan
kegiatan berikut! KEGIATAN 3 Sifat-Sifat Benda Gas Berhati-hatilah saat
menggunakan alat yang terbuat dari kaca! a. Alat dan Bahan 1) Piring 2) Gelas
3) Air 4) Gabus b. Cara Kerja 1) Ambil piring lalu isilah dengan air! 2)
Letakkan sepotong gabus ke dalam piring tersebut! 3) Tutup gabus tersebut
dengan sebuah gelas! 4) Amati letak gabus yang berada di dalam gelas! 5)
Bandingkan permukaan air yang berada di dalam gelas de- ngan permukaan air yang
berada di luar gelas! 6) Buka gelas secara condong dan perlahan-lahan! Apa yang
terjadi? 7) Coba tentukan kesimpulan dari kegiatan di atas. Tulis di buku
tugasmu! Beberapa hal yang berhubungan dengan benda gas mungkin dapat kita
jumpai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain, sebagai berikut: 74 Ilmu
Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
83. 1) Jika kakakmu memakai minyak wangi, maka harum minyak wangi
tersebut akan tercium di seluruh ruangan kamar, bahkan bisa sampai ke ruangan
lain. 2) Sewaktu Ibu menggoreng ikan asin di dapur, kamu yang kebetulan berdiri
di luar dapur dapat mencium aroma sedap ikan asin tersebut. 3) Jika tabung gas
dari kompor mengalami ke- Gambar 5 Kita Dapat Mencium Bau Minyak Wa- bocoran,
maka kamu akan mencium bau seperti ngi Merupakan Salah Satu bau durian,
terutama di sekitar lokasi tabung. Bukti Bahwa Gas Selalu Memenuhi Ruang
Dapatkah kamu menemukan contoh-contoh yang lain? Contoh-contoh kejadian
tersebut dise- babkan oleh sifat benda gas yang memenuhi se- luruh ruangan yang
ditempatinya. KEGIATAN 4 Sifat Benda Padat, Cair, dan Gas Untuk menyimpulkan
hasil kegiatanmu terdahulu, salin tabel berikut di buku tugasmu masing-masing!
Isi titik-titik dengan tanda (v) jika suatu benda memiliki sifat-sifat yang
telah tertera di dalam tabel, atau tanda (x) jika suatu benda tidak memiliki
sifat-sifat yang telah tertera dalam tabel! Sifat-Sifatnya Jenis Bentuknya
Mengisi Dapat Memiliki Benda Tetap Ruang Dimampatkan Berat Padat .... .... ....
.... Cair .... .... .... .... Gas .... .... .... .... 75 Sifat-Sifat Benda
·
84. B. Membandingkan Sifat Beberapa Benda Cair Kamu tentu masih ingat
tentang pengertian dan sifat benda cair, bukan? Berikut akan kita pelajari
sifat-sifat dari beberapa benda cair seperti air, mi- nyak, dan sirup. Meskipun
ketiganya adalah benda Kata Kunci cair, namun sifatnya berbeda-beda. Sifat
beberapa benda cair: ciri- 1. Air ciri khas yang di- miliki beberapa Setiap
hari kita memanfaatkan air. Air dimanfaat- benda cair. kan untuk keperluan
minum, memasak, mencuci, menyiram tanaman, mandi, dan sebagainya. Dapat- kah
kamu membayangkan, jika kita hidup tanpa air? Air mempunyai sifat, antara lain,
cair, tidak ken- tal, tidak berbau, tidak berwarna (jernih), dan tidak berasa.
Air yang keruh, berwarna, mempunyai rasa, dan berbau menandakan bahwa air
tersebut sudah mengandung bahan-bahan yang lain. KEGIATAN 5 Sifat Air dari
Beberapa Sumber Berhati-hatilah saat mengambil contoh air yang diperlukan dalam
kegiatan ini! a. Alat dan Bahan 1) Air ledeng 2) Air parit atau air got 3) Dua
buah gelas bening yang tidak berwarna b. Cara Kerja 1) Ambil air ledeng dengan
menggunakan suatu gelas! 2) Ambil air parit atau air got dengan menggunakan
gelas yang lain! 76 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
85. air dari parit atau got kran ledeng parit atau got gelas kaca 3)
Amati air di dalam kedua gelas tersebut! Apa yang dapat ka- mu lihat? Mengapa
demikian? 4) Tulis hasilnya di buku tugasmu dan tentukan kesimpulannya! 2.
Minyak Dalam kehidupan sehari-hari kamu sering men- jumpai minyak, bukan?
Minyak tersebut dapat be- rupa minyak tanah, minyak goreng, minyak wangi, dan
minyak-minyak lainnya. Berdasarkan asalnya, minyak dibagi menjadi tiga jenis,
yaitu minyak bumi, minyak nabati, dan minyak hewani. Minyak bumi berasal dari
bumi, minyak nabati berasal dari tumbuhan, dan minyak hewani berasal dari
hewan. Samakah minyak dengan air? Minyak umumnya berbentuk cair. Akibatnya,
minyak memiliki kedua ciri dari benda cair, yaitu bentuknya berubah sesuai
dengan wadah yang ditempati dan volumenya tetap. Namun minyak berbeda dengan
air. Dapatkah kamu Gambar 6 Berat Sebotol menemukan perbedaannya? Minyak Goreng
Berbeda Minyak yang satu dengan minyak lain juga me- dengan Berat Sebotol Air
(Sumber: Corbeil, J.C & A., miliki perbedaan. Perbedaan tersebut meliputi
bau, Archambaut. 2004. Kamus warna, fungsi, berat, kekentalan, dan sebagainya.
Visual Indonesia - Inggris) Dapatkah kamu membayangkan perbedaan masing- masing
minyak tersebut? 77 Sifat-Sifat Benda
·
86. 3. Sirup Sirup termasuk benda cair karena bentuknya Kolom Info
selalu berubah sesuai dengan bentuk wadahnya, sedangkan volumenya tetap.
Meskipun begitu, sirup Selain dicampur dengan air untuk memiliki perbedaan bila
dibandingkan dengan air dijadikan minum- ataupun minyak. an, sirup juga da- pat
dicampur untuk Sirup umumnya memiliki sifat, antara lain kental, membuat roti,
pe- berasa, berwarna, dan dapat dilarutkan di dalam warna es krim, dan air.
Dapatkah kamu menemukan perbedaan yang sebagainya. lain? C. Membandingkan Sifat
Beberapa Benda Padat Pada kehidupan sehari-hari kita sering men- Kata Kunci
jumpai berbagai macam bentuk benda padat. Beri- kut ini beberapa contoh benda
padat beserta sifat- Sifat beberapa benda padat: ci- nya. ri-ciri khas yang
dimiliki beberapa 1. Batu benda padat. Ambil beberapa macam batu yang berada di
sekitarmu. Amati bentuk, warna, permukaan, dan kekerasannya! Berbeda-beda,
bukan? Ada yang berbentuk bulat, ada yang berbentuk pipih. Ada yang berwarna
hitam, merah, abu-abu, bahkan putih atau kuning. Permukaannya pun ada yang
halus, ada yang kasar, ada pula yang berpori-pori. 2. Kayu Kayu berasal dari
pohon. Sifat-sifat kayu juga berbeda-beda, tergantung dari asal pohonnya.
Misalnya, kayu yang berasal dari pohon jati. Kayu jati umumnya bersifat kuat,
lebih berat, dan lebih keras daripada kayu yang berasal dari pohon akasia. 78
Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
87. Kayu secara umum memiliki sifat, antara lain, kuat, tahan lama,
tidak mudah pecah, namun mudah terbakar. Kayu biasanya digunakan untuk membuat
per- alatan rumah tangga. Coba sebutkan contoh lain dari penggunaan kayu yang
kamu ketahui! a b c Gambar 7 Kursi (a), Tempat Tidur (b), Meja (c), Merupakan
Contoh Peralatan Rumah Tangga yang Umumnya Terbuat dari Kayu (Sumber: Corbeil,
J.C & A., Archambaut. 2004. Kamus Visual Indonesia - Inggris) 3. Besi Besi
termasuk benda padat hasil olahan manu- sia, namun bahannya berasal dari alam.
Bahan dari besi disebut bijih besi. Besi sangat kuat dan tahan lama. Oleh sebab
itu, besi biasanya digunakan untuk membuat bahan bangunan, membuat motor,
mobil, kereta api, bah- kan pesawat terbang. Besi juga digunakan untuk membuat
peralatan rumah tangga. Sifat-sifat besi selain kuat dan tahan lama juga keras,
relatif berat, dan tidak mudah terbakar. Coba sebutkan contoh- contoh
penggunaan besi yang lain yang kamu keta- hui! Gambar 8 Rangka Jembatan Umumnya
Terbuat dari Besi Baja yang Kuat (Sumber: Corbeil, J. C & A., Archambaut.
2004. Kamus Visual Indonesia - Inggris) 79 Sifat-Sifat Benda
·
88. 4. Plastisin (Lilin Mainan) Plastisin atau lilin mainan termasuk
benda padat. Coba ambil dan tekanlah dengan jarimu. Apa yang kamu rasakan?
Terasa lunak, bukan? Bentuklah plastisin menjadi bulatan, lempengan, kotak atau
bentuk-bentuk lain seperti yang kamu inginkan. Bentuk apakah yang kamu
dapatkan? Tentunya bentuk yang kamu dapatkan sesuai dengan ke- inginanmu.
Gambar 9 Plastisin Me- Berdasarkan bentuk-bentuk yang telah kamu rupakan Benda
Padat yang peroleh di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Mudah Dibentuk
plastisin atau lilin mainan adalah benda padat yang mempunyai sifat lunak dan
mudah dibentuk. 5. Tanah Liat Tanah liat merupakan bagian dari tanah yang
sangat halus. Ukuran butiran-butiran tanah liat sa- ngat kecil sehingga tidak
dapat kita lihat tanpa meng- gunakan alat bantu. Tanah liat umumnya berwarna
cokelat kemerahan, basah, lengket, dan mengering jika dibakar. Seperti halnya plastisin,
tanah liat juga mudah dibentuk. Peralatan rumah tangga dan benda-benda hiasan
banyak yang terbuat dari tanah liat. Benda- benda yang terbuat dari tanah liat
disebut gerabah atau keramik. Pot tumbuhan, vas bunga, genteng, a kendi, dan
kuali adalah contoh benda yang terbuat dari tanah liat. c b d Gambar 10
Peralatan Rumah Tangga yang Terbuat dari Tanah Liat, Antara Lain, Kuali (a),
Pot Bunga (b), Kendi (c), dan Genteng (d) 80 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD
dan MI
·
89. KEGIATAN 6 Diskusikan dengan teman-temanmu! 1. Sebutkan beberapa
contoh benda yang dibuat dari tanah liat! 2. Dibandingkan dengan besi, manakah
yang lebih tahan panas, besi atau tanah liat? AGAR DIINGAT 1. Sifat benda dapat
diketahui dengan cara melihat, memegang, atau meraba benda tersebut. 2. Benda
padat adalah benda yang bentuk dan ukurannya selalu tetap meskipun bentuk
wadahnya berubah. 3. Benda cair adalah benda yang bentuknya berubah sesuai de-
ngan bentuk wadahnya, namun volumenya selalu tetap. 4. Air yang layak
dikonsumsi adalah air yang tidak berasa, tidak berbau (jernih), tidak berwarna,
dan tidak mengandung bibit pe- nyakit. Sebelum dikonsumsi, air tersebut harus
direbus lebih dulu. 5. Berdasarkan asalnya, minyak dapat dibagi menjadi tiga,
yaitu minyak bumi, minyak nabati, dan minyak hewani. 6. Sirup termasuk benda
cair yang umumnya lebih kental dari- pada air, mempunyai warna, dan mempunyai
rasa. 7. Batu banyak jenisnya. Setiap jenis batu mempunyai bentuk, war- na,
kekerasan, dan penampakan yang berbeda-beda. 8. Kayu bersifat kuat, tahan lama,
mudah terbakar, dan keras. 9. Besi bersifat kuat, tahan lama, keras, relatif
berat, tidak mudah terbakar, dan meleleh pada suhu tinggi. 10. Tanah liat
bersifat lunak, mudah dibentuk, berwarna cokelat ke- merahan, lengket,
cenderung basah, dan mengering jika dibakar. 11. Plastisin atau lilin mainan
mempunyai sifat lunak, mudah di- bentuk, dan memiliki bermacam-macam warna. 81
Sifat-Sifat Benda
·
90. PETA KONSEP Benda meliputi Benda Gas Benda Padat Benda Cair
sifat-sifat sifat-sifat sifat-sifat – Bentuk Berubah – Bentuk Berubah –
Bentuknya Tetap Sesuai Wadahnya Sesuai Tempatnya – Besarnya Tetap – Volumenya
Berubah – Volumenya Tetap Sesuai Wadahnya PELATIHAN A. Pilihlah salah satu
jawaban yang benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau d di buku tugasmu! 1.
Di bawah ini yang merupakan contoh benda padat adalah .... a. uap air c. air b.
embun d. es balok 2. Di bawah ini yang merupakan contoh benda gas adalah ....
a. kapur c. udara b. minyak d. kecap 3. Sifat benda padat adalah .... a. bentuk
dan besarnya selalu berubah b. bentuk dan besarnya selalu tidak berubah c.
bentuk selalu berubah tetapi besarnya selalu tidak berubah d. bentuk selalu
tidak berubah tetapi besarnya selalu berubah 82 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk
SD dan MI
·
91. 4. Jika air teh di dalam poci dituang ke dalam gelas, maka bentuk
air teh di dalam gelas akan .... a. seperti poci c. seperti air b. seperti teh
d. seperti gelas 5. Jika batu di sungai dimasukkan ke dalam truk, maka besar
batu di da- lam truk akan .... a. tetap c. menjadi lebih besar b. seperti truk
d. menjadi lebih kecil 6. Di bawah ini yang merupakan contoh benda cair adalah
.... a. kertas c. tinta b. pensil d. es 7. Sifat benda cair adalah .... a.
bentuk dan volumenya selalu berubah b. bentuk dan volumenya selalu tidak
berubah c. bentuk selalu berubah tetapi volumenya selalu tidak berubah d.
bentuk selalu tidak berubah tetapi volume selalu berubah 8. Contoh benda yang
selalu mengisi seluruh ruangan adalah .... a. air c. uap air b. embun d. es 9.
Benda gas yang diperlukan untuk bernapas adalah .... a. oksigen c.
karbondioksida b. nitrogen d. uap air 10. Benda yang bentuknya selalu berubah
tetapi volumenya selalu tidak berubah adalah .... a. udara c. angin b. minyak
d. kertas B. Isilah titik-titik dari soal berikut di buku tugasmu! 1.
Benda-benda dapat dibedakan berdasarkan wujudnya menjadi .... 2. Jika batu dan
air yang semula berada dalam ember dipindahkan ke dalam akuarium, maka bentuk
batu dan air akan .... 3. Meja, kursi, bangku termasuk contoh benda .... 4. Kecap,
minyak, sirup, air, termasuk contoh benda .... 5. Minyak yang dimasukkan ke
dalam botol akan berbentuk seperti .... 6. Semangka yang telah dimasukkan ke
dalam keranjang, maka bentuknya akan .... 83 Sifat-Sifat Benda
· 92. 7. Benda yang
kita hembuskan dari mulut ke dalam balon adalah .... 8. Uap air dan oksigen
termasuk contoh benda .... 9. Aroma wangi yang kita hirup saat kita menggunakan
minyak wangi menandakan bahwa di dalam ruangan tersebut terdapat benda .... 10.
Ikan dapat hidup di dalam air dan cacing dapat hidup di dalam tanah merupakan
bukti bahwa benda gas selalu .... C. Kerjakanlah soal-soal berikut di buku
tugasmu! 1. Apa nama benda gas yang diisikan ke dalam balon karet yang dapat
terbang ke angkasa? 2. Apa yang dapat kamu simpulkan dari gambar di bawah ini?
3. Mengapa balon yang dipompa dapat mengembang? 4. Mengapa air yang diisikan ke
dalam gelas secara terus-menerus akhir- nya akan tumpah? 5. Termasuk jenis
benda apakah api? 6. Mengapa kerangka mobil umumnya terbuat dari besi bukan dari
ka- yu? 7. Plastisin termasuk benda padat, tetapi mengapa bentuknya dapat kita
ubah dengan mudah? 8. Apa perbedaan antara besi dengan tanah liat? 9. Minyak
berdasarkan asalnya dibagi menjadi berapa macam? Sebut- kan dan beri contohnya
masing-masing! 10. Mengapa saat memasak sayur, kita lebih membutuhkan kecap
daripa- da sirup? 84 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
oleh :priyono titik
No comments:
Post a Comment