·
BAB 13 CARA MANUSIA DALAM MEMELIHARA DAN MELESTARIKAN ALAM Tujuan
Pembelajaran Kamu dapat mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan
melestarikan alam dan lingkungan sekitar. Setiap hari kita membutuhkan makanan.
Berasal dari manakah makanan yang kita makan? Makanan kita berasal dari hewan
dan tumbuhan. Selain itu, kita juga memerlukan bahan pakaian, perabot rumah
tang- ga, bahan bangunan, dan berbagai sumber energi, seperti minyak bumi, batu
bara, dan gas alam. Semua yang kita perlukan tersebut berasal dari sumber daya
alam. Bumi kita mempunyai berbagai sumber daya alam. Apakah yang disebut sumber
daya alam? Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam yang
dapat digunakan oleh ma- Gambar 1 Hutan Terma- nusia untuk mencukupi kebutuhan
hidupnya. suk Salah Satu Contoh Sumber Daya Alam yang Perlu Dilindungi
Kelestari- A. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam annya (Sumber: Gatra Okto-
Berdasarkan kelestariannya, sumber daya alam ber 1996) dapat digolongkan
menjadi dua macam, yaitu sum- ber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber
daya alam yang tidak dapat diperbarui.
·
176. 1. Sumber Daya Alam yang Dapat Kata Kunci Diperbarui Sumber daya
alam: Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah segala sesuatu yang sumber
daya alam yang dapat dibentuk kembali oleh terdapat di alam dan alam dalam
waktu yang relatif singkat. Hal ini dise- bisa dimanfaatkan babkan jenis sumber
daya alam tersebut mempunyai oleh manusia untuk mencukupi kebutuhan kemampuan
berkembang biak atau mengalami daur hidupnya. ulang. Misalnya, tumbuhan, hewan,
dan air. Meskipun dapat diperbarui, kita harus selalu mengelola sumber daya
alam tersebut dengan se- baik-baiknya agar kelestariannya tetap terjaga. Sa-
lah satu tindakan yang diperlukan untuk menjaga kelestarian tumbuhan adalah
mempercepat perkem- bangbiakan tumbuhan. Cara tersebut dapat berupa
pencangkokan, penyetekan, penanaman biji, kultur jaringan, dan sebagainya. Mutu
atau kualitas tumbuhan juga perlu ditingkat- kan. Peningkatan mutu tumbuhan
dapat dilakukan dengan cara penyerbukan silang, yaitu memper- temukan putik dan
serbuk sari dari dua tanaman Gambar 2 Air Merupa- yang sejenis bahkan
kadang-kadang berbeda jenis kan Salah Satu Sumber (penyerbukan bastar).
Perhatikan contoh proses Daya Alam yang Dapat Di- perbarui (Sumber: Catalogue
perkembangbiakan suatu tumbuhan pada gambar Calendar) berikut! Keterangan: a.
Terjadi proses penyer- Benang sari Putik bukan dilanjutkan pem- buahan sehingga
diha- silkan benih. a e b. Benih tumbuh menja- di tumbuhan baru. c. Tumbuhan mengalami
pertumbuhan dan per- d kembangan sehingga b menjadi besar. c d. Tumbuhan mulai
ber- bunga. e. Pada bunga, terdapat putik dan benang sari Gambar 3 Contoh
Proses Perkembangbiakan Suatu Tum- untuk perkembang- buhan biakan. 168 Ilmu
Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
177. Kelestarian hewan juga perlu dijaga. Tindakan- tindakan yang dapat
dilakukan untuk menjaga ke- lestarian hewan, antara lain, tidak berburu hewan,
memelihara hewan dengan baik, mempercepat per- kembangbiakan hewan, dan
mengadakan per- kawinan silang. Gambar 4 Hewan Termasuk Salah Satu Contoh
Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui Air tidak berkembang biak, tetapi dapat
menga- Kolom Info lami pendauran. Daur air disebut juga siklus air. Di Tanpa
campur ta- dalam siklus tersebut, air menguap dan mengumpul ngan manusia, air
menjadi awan. Setelah terkumpul dalam jumlah akan mengalami da- besar, awan
tersebut lalu mengembun dan turun urnya secara alami. Saat ini banyak ter-
menjadi hujan. jadi bencana alam Sebagian air hujan yang turun di daratan, baik
yang disebabkan terganggunya daur di pegunungan, hutan-hutan, atau pemukiman
air, seperti kemarau penduduk akan meresap ke dalam tanah sehingga panjang dan
banjir. menambah persediaan air yang sebelumnya telah Terganggunya daur air
biasanya karena berada di dalam tanah. Air ini akan mengalir ke
kegiatan-kegiatan laut melalui sungai di bawah tanah. Air inilah yang manusia
yang me- mengisi sumur-sumur yang dibuat manusia di dae- rusak keseimbangan
alam, seperti mene- rah pemukiman. bangi pohon-pohon di hutan dan mem- buang
sampah sem- barangan. 169 Cara Manusia dalam Memelihara dan Melestarikan Alam
·
178. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar siklus air di bawah ini!
Awan Hujan Air menguap Air menguap Hujan Danau, sungai Air tanah, sumur, mata
air Laut Daratan Gambar 5 Siklus Air yang Terjadi di Bumi Dapatkah kamu
menceritakan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada gambar di atas? Coba
diskusikan masalah ini dengan teman-teman dan gurumu! KEGIATAN 1 Siklus Air a.
Alat dan Bahan Gambar siklus air b. Cara Kerja 1) Amati gambar Awan di samping!
Hujan Penguapan Humus Penguapan Hujan Tanah Danau Sumur Laut 170 Ilmu
Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
179. 2) Kerjakan soal-soal di bawah ini di buku tugasmu! a) Apakah di
rumahmu terdapat sumur? b) Bagaimana kondisi air sumur pada saat musim hujan?
c) Bagaimana kondisi air sumur pada saat musim kemarau? d) Bila musim kemarau
berlangsung sangat lama, apa air sumur tersebut dapat habis? e) Bila musim
hujan telah tiba, apa sumur tersebut dapat terisi air kembali? f) Air pengisi
sumur tersebut berasal dari mana? Berasal dari air hujan yang jatuh dari atas
atau berasal dari sumber air? g) Berasal dari manakah air yang terdapat di
dalam tanah atau sumber air tersebut? h) Kesimpulan apakah yang dapat kamu peroleh?
2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Kolom Info Diperbarui Sumber daya alam
yang tidak dapat diperbarui Tambang minyak bumi selain berada adalah sumber
daya alam yang tidak dapat dibentuk di dalam dasar laut kembali oleh alam dalam
waktu yang relatif singkat. kadang-kadang juga Beberapa contoh sumber daya alam
yang tidak dapat dijumpai di dalam diperbarui, antara lain, minyak bumi, batu
bara, gas tanah yang berada di darat (Dineen, alam, logam, dan barang-barang
tambang lainnya. 2000). Minyak bumi terbentuk dari hewan-hewan laut yang telah
mati dan terkubur di dasar laut jutaan tahun yang lalu. Hewan-hewan yang
telahmati tersebut tertutup lumpur dan pasir. Lama kelamaan dengan adanya
proses alam dan jangka waktu yang lama, hewan yang telah terkubur berubah
menjadi minyak bumi. Gambar 6 Penambangan Minyak Bumi di Lepas Pantai (Sumber:
Encarta Encyclopedia) 171 Cara Manusia dalam Memelihara dan Melestarikan Alam
·
180. Minyak bumi dapat diolah menjadi bahan ba- kar, seperti bensin,
solar, minyak tanah, dan kerosin. Sisa olahan minyak bumi dapat dimanfaatkan
untuk membuat aspal, oli, plastik, lilin (parafin), dan seba- Kolom Info
gainya. Sementara itu, batu bara terbentuk dari bagian- Pada zaman dulu, kereta
api penum- bagian tumbuhan yang telah mati dan terkubur jutaan pang berbahan
ba- tahun yang lalu. Lama kelamaan dengan adanya kar batu bara. Kereta proses
alam dan jangka waktu yang lama, tumbuhan ini jalannya lambat yang telah
terkubur tersebut berubah menjadi batu dan banyak meng- hasilkan asap. Ber- bara.
bahan bakar apakah kereta api zaman sekarang? Gambar 7 Penambangan Batu Bara
(Sumber: Gatra, Mei 2006) Batu bara dapat digunakan, antara lain, sebagai bahan
bakar dan bahan untuk membuat benzol. Tahukah kamu apakah yang disebut benzol?
Pada saat ini, makin sedikit orang yang masih bersedia menggunakan bahan bakar
yang berasal dari batu bara. Mereka lebih suka menggunakan bahan bakar yang
berasal dari minyak bumi. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor.
Faktor-faktor itu, antara lain, batu bara lebih sulit diperoleh, tingkat polusi
yang ditimbulkan batu bara lebih tinggi da- ripada minyak bumi, dan mesin-mesin
yang telah dibuat sebagian besar berbahan bakar minyak bumi. 172 Ilmu
Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
181. Barang-barang tambang selain digunakan se- bagai bahan bakar, juga
dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai barang keperluan hidup. Be- berapa
contohnya, antara lain, besi digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga,
timah digunakan untuk membuat benda-benda kerajinan tangan, dan aluminium
digunakan untuk membuat peralatan dapur, dan sebagainya. a Bensin c Gambar 8
Hasil Olahan Minyak Bumi Dapat Dimanfaatkan untuk Membuat Bahan Bakar (a), Sisa
Olahan Minyak Bumi Dapat Dimanfaatkan untuk Membuat Lilin (b), Barang Tambang yang
Berupa Logam Dapat Dimanfaatkan untuk Membuat Mobil (c) b KEGIATAN 2
Sifat-Sifat Beberapa Benda Hasil Olahan Batu Bara dan Minyak Bumi Saat
melakukan kegiatan ini, berhati-hatilah terhadap batu bara, bensin, solar, dan
minyak tanah. Bahan-bahan tersebut mudah terbakar. Jauhkan dari nyala api.
Cucilah tangan dengan sabun setelah selesai! a. Alat dan Bahan 1) Batu bara 5)
Aspal 2) Bensin 6) Oli 3) Solar 7) Kantong plastik 4) Minyak tanah 173 Cara
Manusia dalam Memelihara dan Melestarikan Alam
·
182. b. Cara Kerja 1) Amati benda-benda tersebut satu per satu! 2)
Bagaimana wujudnya? 3) Bagaimana warnanya? 4) Baui benda-benda tersebut tetapi
jangan terlalu dekat dengan hidung dan jangan terlalu lama! 5) Raba benda-benda
yang berwujud padat! 6) Tulis hasil pengamatanmu dalam tabel berikut yang telah
kamu salin di buku tugasmu! Hal yang Diamati Jenis Permukaan Barang Warna Wujud
Berbau No. Barang Tambang yang Padat Tambang Kasar Halus Ya Tidak Bening Putih
Padat Cair Kental Gelap v v v Bensin 1. 7) Tulis kesimpulannya! B. Cara
Memanfaatkan Sumber Daya Alam Kata Kunci Telah diketahui bahwa sumber daya alam
ada Cara memanfaat- kan sumber daya dua, yaitu sumber daya alam yang tidak
dapat di- alam: jenis tindakan perbarui dan sumber daya alam yang dapat diper-
yang dilakukan un- barui. Kedua macam sumber daya alam ini dapat tuk
memanfaatkan dimanfaatkan manusia. Namun, penggunaannya sumber daya alam. harus
bijaksana. Hal ini disebabkan sumber daya alam, khususnya sumber daya alam yang
tidak dapat diperbarui, seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam, jumlahnya
sangat terbatas. Bila telah habis, maka sumber daya alam ini tidak dapat ter-
bentuk lagi dalam waktu yang relatif singkat. Tumbuhan, hewan, dan air adalah
contoh-contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui. Meski- pun termasuk
sumber daya alam yang dapat diper- 174 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
183. barui, jika kita tidak bijaksana dalam memanfaat- kannya, maka
kelestarian sumber daya alam ini dapat terganggu. Bukan tidak mungkin pada
suatu saat, sumber daya alam tersebut menjadi langka bahkan punah. Untuk itu,
selain memanfaatkannya a kita juga harus melakukan tindakan-tindakan peles-
tarian. 1. Pemanfaatan Tumbuhan Tumbuhan adalah sumber daya alam nabati b yang
sangat diperlukan dalam kehidupan. Banyak manfaat yang diperoleh manusia dari
tumbuhan, antara lain, berupa makanan, pakaian, peralatan rumah tangga, dan
obat-obatan. Coba cari keguna- an tumbuhan yang lain! Tumbuhan sebagai sumber
daya alam nabati c dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu tumbuhan pa- ngan,
tumbuhan perdagangan, dan tumbuhan hasil hutan. Apakah perbedaan ketiga jenis
tumbuhan tersebut? Perhatikan uraian berikut! d a. Tumbuhan Pangan Gambar 9
Bayam (a), Ubi (b), Padi (c), Jagung (d) Me- Tumbuhan pangan menghasilkan bahan
ma- rupakan Beberapa Contoh kanan. Contoh tumbuhan pangan, antara lain, padi,
Tumbuhan Pangan ketela pohon, jagung, kacang, sayuran, gandum, dan ubi.
Pernahkah kamu makan bahan makanan yang berasal dari beberapa contoh tumbuhan
ter- sebut? b. Tumbuhan Perdagangan Tumbuhan perdagangan sengaja dibudidayakan
untuk kepentingan perdagangan. Tumbuhan ini bia- sanya ditanam pada kawasan
yang luas. Contoh tumbuhan tersebut, antara lain, kelapa, teh, cengkih, kelapa
sawit, kopi, cokelat, tembakau, dan karet. Da- Gambar 10 Perkebunan patkah kamu
menunjukkan contoh-contoh lainnya? teh 175 Cara Manusia dalam Memelihara dan
Melestarikan Alam
·
184. c. Tumbuhan Hasil Hutan Tumbuhan di hutan banyak dimanfaatkan un-
tuk membuat rumah dan perabotan rumah tangga. Hasil hutan tersebut sebagian
besar berupa kayu. Sebagian lainnya berupa rotan dan damar. Coba cari
contoh-contoh hasil hutan lain! a b a b c Gambar 11 Pohon Digergaji untuk
Dijadikan Potongan- Potongan Kayu (a), Potongan-Potongan Kayu Kadang-Kadang
Diangkut Melalui Sungai untuk Menghemat Biaya (b) (Sumber: Briggman, R. 2000.
Jendela Iptek: Teknologi) 2. Pemanfaatan Hewan Hewan termasuk salah satu contoh
sumber daya d alam yang dapat diperbarui. Dengan kemam- puannya berkembang
biak, hewan dapat mengha- silkan keturunan baru dalam waktu yang tidak terlalu
lama. Sumber daya alam hewani tersebut meliputi peternakan dan perikanan. Apa
yang dimaksud de- ngan peternakan dan perikanan? Apa perbeda- annya? Pernahkah
kamu memelihara ayam atau hewan e ternak lainnya? Untuk apa hewan-hewan
tersebut dipelihara? Coba tanyakan masalah ini kepada guru Gambar 12 Ikan (a),
atau orang tuamu! Lobster (b), Domba (c), Selain peternakan dan perikanan,
hewan-he- Ayam (d), Sapi (e) Meru- pakan Contoh-Contoh He- wan lain yang hidup
di tempat liar juga termasuk wan yang Umumnya Di- sumber daya alam hewani.
Contoh hewan-hewan manfaatkan sebagai Ba- tersebut, antara lain, harimau,
gajah, buaya, ber- han Makanan Manusia bagai jenis burung, ular, penyu, kadal,
dan berbagai 176 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
185. jenis serangga. Kita tidak boleh mengusik keber- adaan hewan-hewan
liar tersebut apalagi membu- Kolom Info runya karena dapat merusak
kelestariannya. Pernahkah kamu 3. Pemanfaatan Air mendengar istilah Air merupakan
sumber daya alam yang paling subak? Subak ada- lah nama sistem banyak tersedia
di alam. Air terdapat di mana-mana. irigasi yang berada Di danau, di laut, di
sungai, bahkan di dalam tanah. di Bali. Apa manfaat air bagi manusia? Air bagi
manusia selain bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, juga bermanfaat
dalam bidang-bidang sebagai berikut. a. Perikanan Danau, sungai, rawa, dan laut
dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perikanan. Kegiatan perikanan ini umumnya
dilaku- kan oleh masyarakat dengan cara mem- buat kolam ikan, tambak, atau
karamba. Selain ikan, hewan-hewan apa sajakah Gambar 13 Air Dapat Dimanfaatkan
yang biasanya dipelihara dalam kegiatan untuk Kegiatan Perikanan perikanan? b.
Pertanian Air digunakan untuk irigasi atau pe- ngairan pada lahan-lahan pertanian.
Irigasi dapat membuat tanah menjadi su- bur. c. Objek Wisata Wisata air sangat
digemari oleh wisa- tawan dari dalam maupun luar negeri. Gambar 14 Air Dapat
Digunakan untuk Membuat Irigasi Pertanian Contoh tempat wisata air tersebut,
antara lain, Ancol, Pantai Parangtritis, Pantai Kuta, Danau Toba, Waduk Gajah
Mungkur, Telaga Warna, dan Taman Laut. Dapatkah kalian menyebutkan contoh yang
lain? 177 Cara Manusia dalam Memelihara dan Melestarikan Alam
·
186. Kolom Info Laut selatan umum- nya memiliki ombak yang lebih besar
dan lebih tinggi dari- pada laut utara. Mengapa demiki- an? Coba diskusi- kan
bersama! Gambar 15 Pantai Merupakan Salah Satu Contoh Objek Wisata yang Indah
(Sumber: Negara dan Bangsa, Glolier) d. Pembangkit Tenaga Listrik Air dapat
dimanfaatkan untuk membuat pem- bangkit tenaga listrik. Air yang dapat
dimanfaatkan untuk membangkitkan tenaga listrik adalah air yang memiliki
tekanan besar atau memiliki tenaga besar. Air yang memiliki tenaga besar
biasanya berwujud aliran deras yang umumnya terdapat pada air terjun Gambar 16
Air yang Ber- dan waduk. Adakah air terjun atau waduk di daerah- ada di Dalam
Waduk Da- mu? pat Digunakan untuk Mem- buat Pembangkit Listrik Tenaga Air
(Sumber: Corbeil, C. Bencana Alam Dapat Merusak Keles- J. C & A., Archambaut.
2004. Kamus Visual Indonesia - tarian Sumber Daya Alam Inggris) Bencana alam
yang sering terjadi semata-mata atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Kita tidak
dapat memperkirakan kapan terjadinya. Contoh bencana itu, antara lain, gempa
bumi, gunung berapi meletus, dan banjir. Meskipun bencana tersebut disebabkan
oleh alam, manusia juga mempunyai peranan akan timbulnya peristiwa itu.
Misalnya, kebiasaan mene- bang hutan secara besar-besaran dapat membuat 178
Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
187. hutan menjadi gundul. Apabila hutan telah gundul, Kata Kunci maka
bencana alam seperti tanah longsor, banjir, Bencana alam: se- dan kekeringan.
Bencana alam yang telah terjadi suatu yang menga- dapat merusak sumber daya
alam yang berada di kibatkan kerusakan, sekitarnya. kerugian, atau pen-
deritaan yang dise- Berdasarkan hal di atas, maka dapat disim- babkan oleh
alam. pulkan bahwa kerusakan sumber daya alam dapat Kelestarian sumber terjadi
karena faktor alam dan faktor manusia. daya alam: keutuh- an/kelanggengan/
ketidakrusakan sum- 1. Kerusakan Sumber Daya Alam karena ber daya alam. Faktor
Alam Kerusakan sumber daya alam dapat terjadi karena faktor alam. Faktor alam
tersebut, antara lain, berupa gempa bumi, gunung berapi meletus, dan banjir. a.
Gempa Bumi Gempa bumi sering terjadi di negara kita. Apa- bila suatu daerah
mengalami gempa bumi, maka kerusakan terjadi di mana-mana. Rumah dan ge- dung
banyak yang roboh, pohon-pohon bertum- bangan, sebagian tanah ada yang retak,
sebagian tanah longsor bahkan kadang-kadang jatuh korban jiwa manusia. Tentu
saja dampak yang ditimbulkan Gambar 17 Beberapa gempa bumi sungguh sangat
merugikan, termasuk Contoh Kerusakan yang Di- timbulkan oleh Gempa Bu- bagi
kelestarian sumber daya alam. mi b. Gunung Berapi Meletus Gunung berapi meletus
karena adanya dorong- an dari dalam perut bumi yang sangat kuat. Peristiwa alam
ini dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Contohnya, tumbuhan banyak yang
mati, hewan- hewan menjadi korban, bangunan banyak yang roboh dan rusak, terjadi
hujan abu dan semburan awan panas bahkan kadang-kadang jatuh korban jiwa Gambar
18 Gunung Berapi Meletus manusia. Apakah di daerahmu terdapat gunung berapi?
Jika ada, pernah meletuskah gunung berapi tersebut? 179 Cara Manusia dalam
Memelihara dan Melestarikan Alam
·
188. c. Banjir Banjir sering terjadi di saat musim hujan. Banjir banyak
menimbulkan kerugian. Contohnya, rumah banyak yang rusak, tanaman pertanian
tergenang air, hewan-hewan hanyut, jembatan roboh karena diterjang banjir,
kadang-kadang jatuh korban jiwa manusia. Mengapa banjir dapat terjadi? Coba
disku- Gambar 19 Banjir yang sikan dengan teman-teman dan gurumu! Terjadi
Menimbulkan Ba- nyak Kerusakan dan Keru- 2. Kerusakan Sumber Daya Alam karena
gian Perbuatan Manusia Manusia kadang-kadang ada yang tidak meme- Kata Kunci
dulikan alam. Mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat merugikan
kelestarian sumber daya Perilaku manu- sia: sikap/tang- alam. Akibatnya, timbul
bencana alam yang tidak gapan/reaksi ma- kita inginkan. Jika terjadi bencana
alam, maka hanya nusia terhadap kerugianlah yang kita dapatkan karena sumber
daya suatu hal. alam banyak yang rusak. Beberapa kegiatan manusia yang dapat
menye- babkan terjadinya bencana alam, antara lain, se- bagai berikut: a.
Penebangan hutan yang tidak terkendali menye- babkan hutan menjadi gundul.
Banjir dan tanah longsor mudah melanda daerah atau hutan yang gundul. Selain
itu, hewan-hewan yang semula hidup di dalam hutan tersebut akan kehilangan
tempat tinggalnya. Gambar 20 Penebangan Pohon-Pohon Secara Liar Dapat
Mempercepat Penggundulan Hutan (Sumber: Gatra, 17 Agustus 2002) 180 Ilmu
Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
189. b. Membuang sampah di sungai menyebabkan aliran air sungai
terhambat. Akibatnya, jika turun hujan lebat akan mudah terjadi banjir. c.
Perburuan hewan yang tidak terkendali dapat membuat jenis hewan-hewan tertentu
menjadi langka. Apabila hal ini terus terjadi, maka secara berangsur-angsur
jenis hewan-hewan tersebut akan punah. Gambar 21 Jika Kondisi d. Perladangan
berpindah dapat menyebabkan ta- Sungai Bersih Tanpa Sam- nah menjadi hilang
kesuburannya. pah, Maka Aliran Air akan e. Menangkap ikan dengan bahan peledak.
Ke- Lancar sehingga Memper- kecil Kemungkinan Terja- giatan ini dapat
menyebabkan pencemaran air dinya Banjir (Sumber: Encar- serta mematikan semua
ikan dan makhluk hidup ta Encyclopedia) lain yang tinggal di dalam perairan
tersebut. f. Penggunaan pupuk yang berlebihan dapat me- rusak kesuburan tanah.
g. Pembasmian hama dengan pestisida dapat me- racuni makhluk hidup yang berada
di sekitarnya. Dapatkah kamu menunjukkan beberapa contoh kegiatan manusia yang
lain yang dapat merugikan kelestarian sumber daya alam? D. Perilaku Manusia
yang Peduli Gambar 22 Reboisasi Per- Lingkungan lu Dilakukan untuk Meng-
hijaukan Kembali Hutan Perilaku manusia sangat menentukan lestari yang Telah
Gundul atau tidaknya sumber daya alam. Cara pelestarian sumber daya alam yang
mungkin dapat dilakukan manusia, sebagai berikut. 1. Pengadaan reboisasi, yaitu
penanaman kembali hutan yang telah gundul. Kegiatan ini dapat mencegah
terjadinya banjir dan tanah longsor. 2. Pembuatan sengkedan atau terasering
pada daerah yang miring. Tanpa sengkedan, air lebih Gambar 23 Pembuatan
Sengkedan pada Daerah mudah mengalir sambil menghanyutkan lapis- yang Miring
Dapat Mence- an-lapisan tanah yang subur. Umumnya, kamu gah Terjadinya Banjir,
bisa melihat sengkedan tersebut di daerah per- Erosi, dan Tanah Longsor bukitan
atau pegunungan. (Sumber: Internet: Alp & Image) 181 Cara Manusia dalam
Memelihara dan Melestarikan Alam
·
190. Jika daerah tersebut dibuat sengkedan, maka aliran air menjadi
terhambat. Akibatnya, banjir, erosi, dan tanah longsor kemungkinan besar dapat
dicegah. 3. Pengolahan dan pemupukan tanah. Hal ini ber- tujuan untuk
mempertahankan dan meningkatkan kesuburan tanah. 4. Penebangan pohon secara
berencana. Maksud- nya, pohon yang ditebang harus benar-benar sudah tua dan
setiap penebangan langsung diikuti dengan penanaman pohon pengganti. 5.
Pembuatan hutan lindung. Hal ini bertujuan agar jenis tumbuhan dan hewan
tertentu yang tinggal di dalamnya tidak diambil secara sembarangan.
Perlindungan tersebut diperkuat dengan adanya Undang-Undang Perlindungan Hewan
dan Tum- buhan Langka yang dikeluarkan pemerintah. Gambar 24 Beberapa Contoh
Hewan Langka yang Harus Terus Dilindungi Keberadaannya agar Tidak Punah
(Sumber: Internet: Alp & Image; Photo Coll) 6. Pembentukan kawasan cagar
alam dan suaka margasatwa. Cagar alam adalah usaha untuk melestarikan jenis
tumbuhan dan hewan langka agar tidak punah. Sementara itu, suaka marga- Kolom
Info satwa adalah usaha untuk melindungi jenis Pernahkah kamu ber- hewan langka
tertentu agar tidak punah. kunjung ke Taman 7. Pembatasan penambangan mineral
bumi dengan Safari di Bogor? Di dalamnya dapat di- mengeluarkan Peraturan
Pemerintah. jumpai bermacam- Berdasarkan contoh cara-cara yang telah di- macam
hewan yang sebutkan di atas, maka kerusakan yang terjadi pada dilindungi,
seperti harimau, gajah, kura- sumber daya alam dapat dicegah sedini mungkin.
kura, dan hewan-he- Apakah kamu memiliki cara-cara yang lain? Coba wan langka
lainnya. sebutkan cara-cara yang kamu miliki! 182 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk
SD dan MI
·
191. Kelestarian sumber daya alam sesungguhnya sangat bermanfaat bagi
kehidupan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga
kelestariannya secara bersama-sama. KEGIATAN 3 Lingkungan yang Masih Baik dan
Lingkungan yang Sudah Rusak Buat kliping dengan bahan gambar-gambar atau
foto-foto yang menunjukkan kondisi lingkungan yang masih baik dan kondisi
lingkungan yang sudah rusak akibat gempa bumi, gunung meletus, erosi, tanah
longsor, atau banjir. Carilah gambar-gambar atau foto- foto tersebut di
koran-koran atau majalah-majalah! Jika sudah menemukan gambarnya, potong
gambar-gambar tersebut lalu kelompokkan dan tempelkan di buku tugasmu! Jangan
lupa sertakan sumbernya! Buat serapi dan sebagus mungkin. Laporkan hasilnya
kepada gurumu agar dinilai atau didiskusikan bersama! AGAR DIINGAT 1. Sumber
daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam dan dapat digunakan oleh
manusia untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. 2. Berdasarkan
kelestariannya, sumber daya alam dapat di- golongkan menjadi sumber daya alam
yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. 3.
Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui, antara lain, tumbuhan, hewan,
dan air. 4. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain,
minyak bumi, batu bara, gas alam, logam, dan barang- barang tambang yang lain.
5. Kegiatan manusia banyak yang bermanfaat tetapi ada pula yang menimbulkan
kerusakan lingkungan dan sumber daya alam. 183 Cara Manusia dalam Memelihara
dan Melestarikan Alam
·
192. 6. Kerusakan sumber daya alam dapat disebabkan oleh faktor alam dan
faktor manusia. 7. Bencana alam yang dapat menyebabkan kerusakan sumber da- ya
alam, antara lain gempa bumi, gunung api meletus, dan banjir. 8. Contoh-contoh
perbuatan manusia yang dapat menimbulkan ke- rusakan sumber daya alam, antara
lain menebang hutan secara liar, membuang sampah di sungai, berburu hewan di
hutan, perladangan berpindah, menangkap ikan dengan bahan peledak, menggunakan
pupuk secara berlebihan, dan menggunakan pestisida secara berlebihan. 9. Contoh
perbuatan manusia yang peduli lingkungan, antara lain mengadakan reboisasi,
membuat sengkedan atau terasering, mengolah dan memupuk tanah, menebang pohon
secara berencana, membuat hutan lindung, membentuk cagar alam dan suaka
margasatwa, serta membatasi penambangan mineral bumi dengan mengeluarkan
Peraturan Pemerintah. 10. Salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam rangka
meng- gunakan dan mengelola sumber daya alam secara bijaksana adalah
memperbaiki perilaku manusia. PETA KONSEP Sumber Daya Alam dipengaruhi meliputi
Faktor Alam Dapat Tidak Dapat Perbuatan Diperbaharui Diperbaharui Manusia
contoh contoh contoh contoh – Gempa Bumi – Gunung Meletus – Minyak Bumi –
Tumbuhan – Banjir – Kebakaran – Batu Bara – Hewan – Gas Alam – Air – Penebangan
Hutan – Logam – Membuang Sampah di Sungai/Laut – Perburuan Hewan – Perladangan
Berpindah – Menangkap Ikan dengan Bahan Peledak 184 Ilmu Pengetahuan Alam 3
untuk SD dan MI
·
193. PELATIHAN A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan
menuliskan huruf a, b, c, atau d di buku tugasmu! 1. Penanaman kembali hutan
yang telah gundul disebut …. a. reboisasi c. erosi b. irigasi d. imigrasi 2.
Bahan tambang merupakan sumber daya alam yang …. a. dapat diperbarui c. tahan
lama b. tidak dapat diperbarui d. cepat habis 3. Contoh sumber daya alam yang
dapat diperbarui adalah …. a. batu bara c. mineral b. minyak bumi d. air 4.
Mencegah tanah longsor pada tanah miring dapat dilakukan dengan cara …. a.
pemupukan c. pembuatan terasering b. penghijauan d. reboisasi 5. Pengikisan
permukaan tanah oleh air yang mengalir disebut …. a. polusi c. abrasi b. erosi
d. korosi 6. Contoh sumber daya alam hayati adalah …. a. tumbuhan c. air b.
udara d. batu bara 7. Batu bara yang kualitasnya paling baik adalah …. a.
gambut c. bitumen b. lignit d. antrasit 8. Batu bara dapat digunakan untuk
membuat …. a. oli c. benzol b. solar d. bensin 9. Sayuran, kacang, dan jagung
termasuk tanaman …. a. pangan c. perdagangan b. sandang d. perkebunan 10.
Melestarikan sumber daya alam dapat dilakukan dengan cara …. a. perladangan
berpindah b. penyuburan tanah c. menggunakan pestisida secara berlebihan d.
pemberian pupuk yang banyak 185 Cara Manusia dalam Memelihara dan Melestarikan
Alam
· 194. B. Isilah
titik-titik dari soal berikut di buku tugasmu! 1. Segala sesuatu yang terdapat
di alam dan dapat digunakan untuk men- cukupi kebutuhan manusia disebut …. 2.
Irigasi merupakan salah satu pemanfaatan air dalam bidang …. 3. Perikanan
dibedakan menjadi dua, yaitu .... 4. Minyak bumi terbentuk dari …. 5.
Perladangan berpindah dapat mengakibatkan …. 6. Banjir sering terjadi pada
musim …. 7. Gunung meletus terjadi karena adanya …. 8. Sungai yang tersumbat
sampah dapat mengakibatkan …. 9. Tanah kering dan tandus dapat disuburkan
dengan cara …. 10. Batu bara berasal dari …. C. Kerjakanlah soal-soal berikut
di buku tugasmu! 1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang dapat
diperbarui? 2. Sebutkan lima contoh sumber daya alam yang tidak dapat
diperbarui! 3. Mengapa pada tanah miring perlu dibuat sengkedan? 4. Mengapa
menangkap ikan dengan bahan peledak dapat mengakibatkan kerusakan sumber daya alam?
Jelaskan! 5. Sebutkan empat contoh perilaku manusia yang peduli lingkungan! 186
Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
No comments:
Post a Comment