·
. BAB 10 PENERAPAN KONSEP ENERGI GERAK Tujuan Pembelajaran Kamu dapat
membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi
energi gerak. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering meng- gunakan hasil
karya seseorang, baik itu karya seni maupun berbagai macam peralatan lainnya.
Kita sering tertarik pada suatu benda karena benda ter- Kata Kunci sebut indah
atau bahannya sangat bagus dan kuat. Hasil karya: su- Alat dan bahan yang
digunakan untuk mewujudkan atu hal/benda/ karya seseorang sangat beraneka
ragam. alat yang berha- sil dibentuk/di- Pernahkah kamu menggunakan suatu benda
buat. atau barang untuk bermain? Apakah mainan ter- sebut kamu buat sendiri
atau dibeli di toko? Kalau mainan itu kamu beli di toko, tidakkah kamu ber- keinginan
untuk membuatnya sendiri? Kamu bisa saja membuat alat-alat bermain untuk
digunakan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang terdapat di sekitar
kita. Mungkin saja hasil karyamu belum sebagus mainan yang dibeli di toko,
tetapi
·
146. setidaknya kamu telah mencoba membuatnya. Apa- bila dilatih secara
tekun, maka bukan tidak mungkin hasil karyamu dapat menjadi bagus. A. Kincir
Air (Pengayaan) Berdasarkan pelajaran pengetahuan alam yang telah dipelajari,
kamu mungkin dapat membuat ber- bagai benda atau barang yang berguna. Bahkan
kamu pun dapat membuat sebuah pembangkit ener- gi listrik. Pelajaran
pengetahuan alam tidak hanya Kata Kunci untuk dihafalkan, tetapi juga untuk
dipraktikkan. Jadi, dengan bekal pengetahuan dan keterampilan Kincir air: suatu
alat yang terdiri yang memadai, kamu dapat berkarya. dari roda serta Kamu telah
mengetahui bahwa air dapat meng- perlengkapan- hasilkan energi gerak. Kincir
air adalah salah satu perlengkapan lain yang dige- jenis alat yang memanfaatkan
kekuatan air. Apakah rakkan oleh alir- kegunaan kincir air? Kincir air dapat
digunakan an air. untuk mengangkat air dari tempat yang rendah ke tempat yang
lebih tinggi. Kincir air juga bisa digu- nakan untuk memutar generator
pembangkit ener- gi listrik. Gambar 1 Kincir Air Merupakan Salah Satu Alat yang
Memanfaatkan Kekuat- an Air (Sumber: Encarta Encyclopedia) Apa lingkungan
sekitar rumahmu terdapat kincir air? Di zaman serba modern ini, mungkin kincir
sudah jarang dijumpai. Agar kamu tidak penasaran dengan kincir air, lakukan
kegiatan berikut! 138 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
147. KEGIATAN 1 Kincir Air Pada kegiatan ini, kamu akan membuat kincir
air. Kamu harus mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Hati-hatilah
dalam bekerja menggunakan gergaji, gunting, bor, palu, dan jangka. a. Alat dan
Bahan 1) Gergaji tripleks 2) Gergaji kayu 3)Gunting seng 4) Palu 5) Bor kayu 6)
Jangka 7) Paku 8) Kayu berbentuk lingkaran dengan garis tengah 6 cm 9) Dua buah
papan tripleks berbentuk lingkaran dengan garis tengah 15 cm 10) Delapan buah
seng berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 7 cm dan lebar 4 cm 11)
Roda gigi untuk memutar dinamo 12) Besi untuk membuat poros 13) Dinamo sepeda
14) Lampu senter 1,5 volt 15) Fiting (dudukan lampu) b. Cara Membuat Kincir Air
1) Buat jari-jari pada lingkar- an sebanyak delapan bu- ah, kemudian gergajilah
poros kurang lebih 4 cm dari sisi lingkaran! 2) Hubungkan dua lingkaran
tripleks pada lingkaran ka- roda gigi yu dengan menggunakan paku! 139 Penerapan
Konsep Energi Gerak
· 148. 3) Pasang seng pada jari-jari tripleks.
Usahakan agar seng dapat terjepit dengan kuat! 4) Beri poros pada kincir
tersebut dan pasang roda gigi pada poros. Usaha- kan agar poros dapat terpasang
de- ngan kuat! 5) Buat rumah kincir se- bagai dudukan dengan keran menggunakan
kayu air agar kincir dapat berdiri tegak! dinamo 6) Hubungkan roda gigi lampu
dengan dinamo sehing- ga kepala dinamo sepe- da berhimpitan dengan roda gigi!
7) Kerjakan kegiatan ini secara hati-hati karena ada beberapa alat dan bahan yang
dapat melukaimu! 8) Uji hasil karyamu sampai mendapatkan hasil yang terbaik
untuk memastikan alatmu benar-benar dapat berfungsi! 9) Jaga lingkungan kerjamu
agar tetap bersih seperti semula! c. Prinsip Kerja Kincir Air 1) Untuk memutar
kincir, tuangkan air dari cerek atau dari keran! 2) Ketika kincir berputar,
roda gigi ikut berputar sehingga ke- pala dinamo sepeda juga berputar. 3)
Berputarnya kepala dinamo sepeda mengakibatkan magnet di dalam dinamo berputar
sehingga menghasilkan energi lis- trik. 4) Untuk membuktikan adanya energi
listrik yang dihasilkan, kamu dapat menghubungkan dinamo ke sebuah lampu lis-
trik melalui kabel. Apa yang terjadi pada lampu saat kincir dan dinamo
berputar? 140 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
149. B. Kincir Angin Kata Kunci Di sekitarmu pasti banyak dijumpai
alat-alat yang bekerja dengan bantuan angin, misalnya Kincir angin: suatu alat
yang baling-baling atau kincir angin. terdiri atas bal- Kamu tentu sudah pernah
melihat baling-baling ing-baling dan perlengkapan- bukan? Baling-baling dapat
kamu jumpai pada perlengkapan mainan anak-anak, pada kipas angin, kapal, dan
lain yang dige- pesawat terbang. Kamu dapat membuat sendiri rakkan oleh alir-
an udara. kincir angin dengan mengikuti langkah-langkah berikut! KEGIATAN 2
Kincir Angin Saat melakukan kegiatan ini, berhati-hatilah dalam menggunakan
gunting. a. Alat dan Bahan 1) Karton tipis dengan ukuran 20 cm × 20 cm 2)
Gunting 3) Lidi 4) Lem 5) Pensil 6) Penggaris 7) Plastisin 8) Tangkai bambu
kecil b. Cara Kerja 1) Siapkan kertas karton dengan ukuran 20 cm × 20 cm dan
carilah titik tengah karton dengan melipat sudut ketemu sudut! 2) Buatlah
persegi kecil di sekitar titik tengah! 141 Penerapan Konsep Energi Gerak
· 150. 3) Guntinglah
kertas pada empat tempat bekas lipatan saat mencari titik tengah dari tepi
sudut sampai pada persegi kecil sehingga membentuk empat celah guntingan! 4)
Tariklah ujung-ujung kertas tadi secara berselang-seling, kemudian rekatkan ke
bagian tengah dengan menggunakan lem! 5) Tusuklah bagian tengah baling-baling
dengan menggunakan lidi yang telah diruncingkan bagian ujungnya! 6) Buatlah
pembatas pada lidi di bagian depan dan belakang baling-baling dengan
menggunakan plastisin! 7) Ikatlah lidi pada tangkai bambu yang telah disiapkan
(agar lebih indah, buatlah be- berapa kincir angin dan berilah warna)! 8)
Sekarang, coba kamu tempatkan kincir angin yang telah kamu buat pada tempat
yang tertiup angin atau bawa larilah kincir angin tersebut! 9) Apa yang terjadi
apabila kincir angin tersebut kamu tempatkan di depan kipas angin listrik? 10)
Jaga lingkungan kerjamu agar tetap bersih seperti semula! 11) Setelah dapat
membuat kincir angin, jelaskan di depan teman- temanmu cara kerja kincir angin!
142 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan Mi
No comments:
Post a Comment