Monday, June 24, 2013



·  . BAB 10 PENERAPAN KONSEP ENERGI GERAK Tujuan Pembelajaran Kamu dapat membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering meng- gunakan hasil karya seseorang, baik itu karya seni maupun berbagai macam peralatan lainnya. Kita sering tertarik pada suatu benda karena benda ter- Kata Kunci sebut indah atau bahannya sangat bagus dan kuat. Hasil karya: su- Alat dan bahan yang digunakan untuk mewujudkan atu hal/benda/ karya seseorang sangat beraneka ragam. alat yang berha- sil dibentuk/di- Pernahkah kamu menggunakan suatu benda buat. atau barang untuk bermain? Apakah mainan ter- sebut kamu buat sendiri atau dibeli di toko? Kalau mainan itu kamu beli di toko, tidakkah kamu ber- keinginan untuk membuatnya sendiri? Kamu bisa saja membuat alat-alat bermain untuk digunakan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang terdapat di sekitar kita. Mungkin saja hasil karyamu belum sebagus mainan yang dibeli di toko, tetapi
·  146. setidaknya kamu telah mencoba membuatnya. Apa- bila dilatih secara tekun, maka bukan tidak mungkin hasil karyamu dapat menjadi bagus. A. Kincir Air (Pengayaan) Berdasarkan pelajaran pengetahuan alam yang telah dipelajari, kamu mungkin dapat membuat ber- bagai benda atau barang yang berguna. Bahkan kamu pun dapat membuat sebuah pembangkit ener- gi listrik. Pelajaran pengetahuan alam tidak hanya Kata Kunci untuk dihafalkan, tetapi juga untuk dipraktikkan. Jadi, dengan bekal pengetahuan dan keterampilan Kincir air: suatu alat yang terdiri yang memadai, kamu dapat berkarya. dari roda serta Kamu telah mengetahui bahwa air dapat meng- perlengkapan- hasilkan energi gerak. Kincir air adalah salah satu perlengkapan lain yang dige- jenis alat yang memanfaatkan kekuatan air. Apakah rakkan oleh alir- kegunaan kincir air? Kincir air dapat digunakan an air. untuk mengangkat air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi. Kincir air juga bisa digu- nakan untuk memutar generator pembangkit ener- gi listrik. Gambar 1 Kincir Air Merupakan Salah Satu Alat yang Memanfaatkan Kekuat- an Air (Sumber: Encarta Encyclopedia) Apa lingkungan sekitar rumahmu terdapat kincir air? Di zaman serba modern ini, mungkin kincir sudah jarang dijumpai. Agar kamu tidak penasaran dengan kincir air, lakukan kegiatan berikut! 138 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·  147. KEGIATAN 1 Kincir Air Pada kegiatan ini, kamu akan membuat kincir air. Kamu harus mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Hati-hatilah dalam bekerja menggunakan gergaji, gunting, bor, palu, dan jangka. a. Alat dan Bahan 1) Gergaji tripleks 2) Gergaji kayu 3)Gunting seng 4) Palu 5) Bor kayu 6) Jangka 7) Paku 8) Kayu berbentuk lingkaran dengan garis tengah 6 cm 9) Dua buah papan tripleks berbentuk lingkaran dengan garis tengah 15 cm 10) Delapan buah seng berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 7 cm dan lebar 4 cm 11) Roda gigi untuk memutar dinamo 12) Besi untuk membuat poros 13) Dinamo sepeda 14) Lampu senter 1,5 volt 15) Fiting (dudukan lampu) b. Cara Membuat Kincir Air 1) Buat jari-jari pada lingkar- an sebanyak delapan bu- ah, kemudian gergajilah poros kurang lebih 4 cm dari sisi lingkaran! 2) Hubungkan dua lingkaran tripleks pada lingkaran ka- roda gigi yu dengan menggunakan paku! 139 Penerapan Konsep Energi Gerak
·  148. 3) Pasang seng pada jari-jari tripleks. Usahakan agar seng dapat terjepit dengan kuat! 4) Beri poros pada kincir tersebut dan pasang roda gigi pada poros. Usaha- kan agar poros dapat terpasang de- ngan kuat! 5) Buat rumah kincir se- bagai dudukan dengan keran menggunakan kayu air agar kincir dapat berdiri tegak! dinamo 6) Hubungkan roda gigi lampu dengan dinamo sehing- ga kepala dinamo sepe- da berhimpitan dengan roda gigi! 7) Kerjakan kegiatan ini secara hati-hati karena ada beberapa alat dan bahan yang dapat melukaimu! 8) Uji hasil karyamu sampai mendapatkan hasil yang terbaik untuk memastikan alatmu benar-benar dapat berfungsi! 9) Jaga lingkungan kerjamu agar tetap bersih seperti semula! c. Prinsip Kerja Kincir Air 1) Untuk memutar kincir, tuangkan air dari cerek atau dari keran! 2) Ketika kincir berputar, roda gigi ikut berputar sehingga ke- pala dinamo sepeda juga berputar. 3) Berputarnya kepala dinamo sepeda mengakibatkan magnet di dalam dinamo berputar sehingga menghasilkan energi lis- trik. 4) Untuk membuktikan adanya energi listrik yang dihasilkan, kamu dapat menghubungkan dinamo ke sebuah lampu lis- trik melalui kabel. Apa yang terjadi pada lampu saat kincir dan dinamo berputar? 140 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·  149. B. Kincir Angin Kata Kunci Di sekitarmu pasti banyak dijumpai alat-alat yang bekerja dengan bantuan angin, misalnya Kincir angin: suatu alat yang baling-baling atau kincir angin. terdiri atas bal- Kamu tentu sudah pernah melihat baling-baling ing-baling dan perlengkapan- bukan? Baling-baling dapat kamu jumpai pada perlengkapan mainan anak-anak, pada kipas angin, kapal, dan lain yang dige- pesawat terbang. Kamu dapat membuat sendiri rakkan oleh alir- an udara. kincir angin dengan mengikuti langkah-langkah berikut! KEGIATAN 2 Kincir Angin Saat melakukan kegiatan ini, berhati-hatilah dalam menggunakan gunting. a. Alat dan Bahan 1) Karton tipis dengan ukuran 20 cm × 20 cm 2) Gunting 3) Lidi 4) Lem 5) Pensil 6) Penggaris 7) Plastisin 8) Tangkai bambu kecil b. Cara Kerja 1) Siapkan kertas karton dengan ukuran 20 cm × 20 cm dan carilah titik tengah karton dengan melipat sudut ketemu sudut! 2) Buatlah persegi kecil di sekitar titik tengah! 141 Penerapan Konsep Energi Gerak
·  150. 3) Guntinglah kertas pada empat tempat bekas lipatan saat mencari titik tengah dari tepi sudut sampai pada persegi kecil sehingga membentuk empat celah guntingan! 4) Tariklah ujung-ujung kertas tadi secara berselang-seling, kemudian rekatkan ke bagian tengah dengan menggunakan lem! 5) Tusuklah bagian tengah baling-baling dengan menggunakan lidi yang telah diruncingkan bagian ujungnya! 6) Buatlah pembatas pada lidi di bagian depan dan belakang baling-baling dengan menggunakan plastisin! 7) Ikatlah lidi pada tangkai bambu yang telah disiapkan (agar lebih indah, buatlah be- berapa kincir angin dan berilah warna)! 8) Sekarang, coba kamu tempatkan kincir angin yang telah kamu buat pada tempat yang tertiup angin atau bawa larilah kincir angin tersebut! 9) Apa yang terjadi apabila kincir angin tersebut kamu tempatkan di depan kipas angin listrik? 10) Jaga lingkungan kerjamu agar tetap bersih seperti semula! 11) Setelah dapat membuat kincir angin, jelaskan di depan teman- temanmu cara kerja kincir angin! 142 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan Mi

No comments:

Post a Comment