·
BAB 12 CUACA DAN PENGARUHNYA BAGI MANUSIA Tujuan Pembelajaran Kamu dapat
menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca dan mendeskripsikan pengaruh
cuaca bagi kegiatan manusia. Coba perhatikan keadaan suatu tempat pada Kata
Kunci saat siang hari! Bagaimana keadaan udaranya? Sekarang di daerahmu sering
turun hujan atau ti- Musim: kondisi ha- dak? Jika sering turun hujan, maka
sekarang musim wa (suhu, keagar lembapan, awan, apa? Jika tidak turun hujan
dalam waktu yang lama, hujan, dan sinar maka sekarang musim apa? Negara
Indonesia matahari) pada mengalami dua musim yang datangnya silih berganti,
suatu tempat da- lam waktu bebe- yaitu musim hujan dan musim kemarau. Sementara
rapa bulan. itu, negara-negara di Benua Eropa umumnya me- miliki empat musim, yaitu
musim panas, musim gu- gur, musim dingin, dan musim semi. Pergantian musim tak
dapat lepas dari pengaruh cuaca. Apa sebenarnya pengertian cuaca?
·
162. A. Cuaca Cuaca adalah keadaan udara pada suatu tem- Kata Kunci pat
dalam waktu tertentu. Ilmu yang mempelajari Cuaca: kondisi cuaca disebut
meteorologi. Cuaca berbeda dengan hawa (suhu, ke- iklim. Iklim adalah suhu
rata-rata udara dalam waktu lembapan, awan, hujan, dan sinar lama pada daerah
yang sangat luas. Ilmu yang matahari) pada mempelajari iklim disebut
klimatologi. suatu tempat da- Cuaca bisa panas atau dingin, basah atau ke- lam
waktu terten- tu atau terbatas. ring, berangin atau tidak berangin. Cuaca
disebab- kan oleh perubahan udara di sekeliling bumi saat udara memanas atau
mendingin. Bagaimana proses terjadinya awan dan hujan? Perhatikan gambar be-
rikut! awan air menguap air menguap Kolom Info Saat musim hu- jan tiba, biasa-
danau, sungai hujan nya anak-anak suka berhujan- hujanan. Sebe- air tanah,
sumur, mata air tulnya air hujan tidak baik bagi laut kesehatan. Me- ngapa?
Sebab selain kotor, air Gambar 1 Proses Terjadinya Hujan hujan juga me-
ngandung berba- Awan berasal dari uap air yang naik ke langit. gai macam zat
Uap air terjadi karena adanya pemanasan mata- dan kuman yang dapat memba- hari
terhadap air di bumi, seperti air kolam, air hayakan tubuh. danau, air laut,
dan air sungai. Makin naik ke atas, Oleh karena itu, suhu uap air makin turun
sehingga air menjadi ma- hindari berhujan- hujanan! kin dingin. Akibatnya,
terjadilah titik-titik air. Titik- titik air ini kemudian saling menyatu dan
turun ke bumi dalam bentuk hujan. 154 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
163. B. Kondisi Cuaca Kata Kunci Coba perhatikan langit di atasmu!
Berawan atau Kondisi cuaca: biru langit di atasmu? Setiap hari, keadaan langit
keadaan cuaca. tidak selalu sama. Suatu saat, langit terlihat biru bersih tanpa
awan, namun pada saat yang lain ter- lihat berawan. 1. Cuaca Cerah Cuaca cerah
adalah cuaca yang menunjukkan langit dalam kondisi terang, sinar matahari
memancar terang tetapi tidak be- gitu terasa panas, terdapat awan yang
berlapis-lapis tipis seperti bulu-bulu serat sutra halus. Pada saat siang hari,
awan ini terlihat berwarna putih bersih. Namun, menjelang matahari ter- bit dan
terbenam akan terlihat Gambar 2 Cuaca Cerah berwarna merah atau kuning ce- rah.
Angin berhembus semilir. Umumnya, hujan tidak akan tu- run pada saat cuaca
cerah. 2. Cuaca Berawan Cuaca berawan adalah cu- aca yang menunjukkan bahwa di
langit banyak terdapat awan. Awan merupakan kumpulan uap air yang terdapat di
udara. Uap air ini berasal dari air kolam, air danau, air laut, serta air
sungai yang naik ke atas dan ber- gabung dengan udara karena pengaruh panas
matahari. Gambar 3 Cuaca Berawan 155 Cuaca dan Pengaruhnya bagi Manusia
·
164. Benarkah awan dapat berjalan? Mengapa awan dapat berjalan? Awan
terlihat berjalan karena di- dorong oleh angin. Arah gerakan awan sesuai de-
ngan arah gerakan angin. Artinya, jika angin bertiup ke arah utara, maka awan
akan bergerak ke arah utara. Jika angin bertiup ke arah barat, maka awan akan
bergerak ke arah barat, dan seterusnya. Beberapa awan dapat bergerombol menjadi
satu, sehingga menghasilkan sebuah awan yang besar. Awan yang besar tersebut
dapat berubah menjadi mendung. Apabila keadaan di sekitarnya mendukung, maka
mendung dapat berubah menjadi hujan. 3. Cuaca Panas Matahari menyinari bumi dan
menghangatkan udara di sekeliling bumi. Beberapa tempat di bumi menerima lebih
banyak sinar matahari sehingga lebih panas daripada tempat lainnya. Daerah
tersebut sering disebut daerah khatulistiwa. Indo- nesia adalah salah satu
negara yang terletak di dae- rah khatulistiwa. Oleh karena itu, hampir setiap
hari cuacanya selalu panas. Suhu di dataran rendah, umumnya berbeda dengan suhu
di dataran tinggi. Bila kita berada di Gambar 4 Cuaca Panas dataran rendah,
maka udaranya akan terasa pa- nas. Sebaliknya, jika kita berada di dataran
tinggi, maka udaranya akan terasa sejuk. 4. Cuaca Dingin Kondisi cuaca
dipengaruhi oleh kelembapan udara, kecepatan angin, dan suhu udara di suatu
daerah pada waktu tertentu. Bila kelembapan udara tinggi, angin bertiup
kencang, dan suhu udara ren- dah, maka cuaca di daerah tersebut pada waktu itu
dapat dikatakan dingin. 156 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
165. Kolom Info Saat cuaca dingin, kita cenderung me- rasa cepat lapar.
Mengapa? Karena tubuh membutuhkan lebih banyak energi panas untuk meng- atasi
hawa dingin itu. Energi panas ter- sebut diperoleh dari makanan yang kita
Gambar 5 Cuaca Dingin makan. 5. Cuaca Berangin Angin adalah udara yang
bergerak. Udara ber- gerak dari daerah yang bertekanan tinggi ke daerah yang
bertekanan rendah. Di waktu siang hari, darat- an lebih cepat panas daripada
lautan sehingga tekanan udara di atas daratan lebih rendah dari- pada tekanan
udara di atas lautan. Akibatnya, angin akan bertiup dari laut menuju ke
daratan. Angin tersebut dinamakan angin laut. Lalu apakah yang disebut angin
darat? Di saat malam atau siang harikah angin darat bertiup? Coba diskusikan
hal ini dengan teman-teman dan gurumu! darat laut Gambar 6 Terjadinya Angin
Laut 157 Cuaca dan Pengaruhnya bagi Manusia
·
166. Saat cuaca berangin, langit biasanya tampak agak berawan, suhu
udara rendah, dan angin ber- tiup kencang sehingga menerbangkan benda-benda
ringan yang dilaluinya. Kadang-kadang tiupan angin yang sangat kencang dapat
menumbangkan pohon Kolom Info serta merobohkan rumah di sekitarnya. Kecepatan
angin dapat diukur dengan alat yang disebut anemo- Pernahkah kamu menonton
televisi, meter. sementara di luar Keberadaan angin dimanfaatkan nelayan untuk
rumah hujan turun menggerakkan perahu layarnya saat pergi ke laut, disertai
petir yang menyambar-nyam- begitu pula saat kembali dari laut. Angin juga di-
bar? Saat itu, pas- manfaatkan di dalam dunia penerbangan, mengge- tilah orang
tuamu rakkan kincir angin, olahraga layar, terbang layang, menyuruhmu untuk
mematikan televisi dan bermain layang-layang. yang sedang kamu tonton tersebut.
6. Cuaca Hujan Mengapa demiki- an? Sebab mereka Hujan berasal dari udara yang mengandung
uap khawatir, petir akan air. Udara akan naik ke atas dan membentuk awan.
menyambar antena Makin ke atas, suhu uap air menjadi makin rendah. televisi
jika televisi tetap dihidupkan. Pada suhu tertentu, uap air akan mengembun men-
Jika antena telah jadi titik-titik air. Titik-titik air akan berubah menjadi
tersambar petir, tetes-tetes air. Makin lama tetes-tetes air itu makin maka
kemungkin- berat dan akhirnya jatuh ke bumi dalam bentuk hu- an seluruh kompo-
nen listrik yang jan. berada di rumahmu Badai kadang-kadang terjadi pada saat
hujan dapat rusak dan terbakar. Menga- turun deras. Badai adalah angin kencang
disertai pa? Sebab petir guntur yang bergemuruh dan kilat yang menyambar-
memiliki tegangan nyambar. Badai bisa menyebabkan kerusakan pa- listrik yang
sangat tinggi. Sangat ber- rah di bumi. Besar kecilnya hujan dapat diukur
bahaya, bukan? dengan alat yang disebut regenmeter. 158 Ilmu Pengetahuan Alam 3
untuk SD dan MI
·
167. KEGIATAN 1 Suhu a. Alat dan Bahan Termometer Celsius b. Cara Kerja
1) Lakukan pengukuran suhu di beberapa tempat yang berbeda pada waktu pagi,
siang, dan sore hari! 2) Isikan data hasil pengukuran suhu tersebut dalam tabel
berikut yang telah kamu salin di buku tugasmu! Suhu No. Tempat Pengukuran Pagi
Hari Siang Hari Sore Hari 3) Buat kesimpulan berdasarkan data hasil pengukuran
suhu yang telah kamu peroleh! 4) Diskusikan hasilnya dengan teman-teman dan
gurumu! C. Simbol-Simbol Kondisi Cuaca Kata Kunci Salah satu faktor yang
memengaruhi kondisi cuaca pada suatu tempat adalah banyak sedikitnya Simbol
kondisi cuaca: lambang panas matahari yang diterima bumi. Kondisi cuaca atau
tanda yang pada saat siang dan malam hari berbeda. Untuk menggambarkan
membuktikannya, coba rasakan cuaca di saat siang kondisi cuaca ter- tentu. dan
malam hari! Berbeda atau tidak? Cuaca hari ini belum tentu sama dengan cuaca
kemarin. 159 Cuaca dan Pengaruhnya bagi Manusia
·
168. Banyak orang perlu untuk mengetahui ramalan cuaca besok, minggu
depan, atau bahkan bulan depan. Kondisi cuaca sangat penting untuk nelayan,
petani, pilot pesawat terbang, olahragawan, dan sebagainya. Di negara kita
terdapat sebuah badan yang ber- Kolom Info tugas mengukur suhu, curah hujan,
kecepatan Bumi diselimuti angin, dan arah angin. Badan itu dinamakan Badan oleh
lapisan-la- Meteorologi dan Geofisika. Badan tersebut juga pisan udara. La-
bertugas menerima laporan dari stasiun-stasiun pisan ini disebut atmosfer.
Lapis- cuaca di darat, di laut, di udara, dan dari satelit. an atmosfer yang
Informasi yang berasal dari stasiun-stasiun itu lalu letaknya paling digunakan
untuk membuat ramalan cuaca. dekat dengan permukaan bumi Coba perhatikan
simbol-simbol ramalan cuaca disebut troposfer. berikut! Pada lapisan ini- lah,
kelembapan, suhu, dan tekan- an udara sering berubah-ubah sehingga men-
ciptakan berbagai kondisi cuaca agak berawan berawan cerah (Rose, 2000). hujan
badai mendung Gambar 7 Simbol-Simbol Kondisi Cuaca Dapatkah kamu memahami arti
simbol-simbol di atas? 160 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
169. KEGIATAN 2 Simbol-Simbol Kondisi Cuaca Coba perhatikan ramalan
cuaca melalui tayangan televisi. Catat simbol-simbol yang digunakan untuk
menggambarkan kondisi cuaca di suatu tempat tertentu. Isikan hasilnya dalam
tabel berikut yang te- lah kamu salin di buku tugasmu! No. Simbol Kondisi Cuaca
D. Pengaruh Kondisi Cuaca terhadap Kata Kunci Kegiatan Manusia Kegiatan
manusia: Cuaca sangat berpengaruh terhadap kehidupan aktivitas/usaha/pe-
manusia dan lingkungannya. Perbedaan cuaca kerjaan yang dila- dapat menyebabkan
perbedaan tata cara dan ke- kukan manusia. giatan manusia yang tinggal di
daerah pegunungan, daerah pantai, dan daerah dataran rendah. Untuk mengetahui
perbedaan tersebut, perhati- kan uraian berikut! 161 Cuaca dan Pengaruhnya bagi
Manusia
·
170. 1. Kehidupan di Daerah Pegunungan Penduduk yang hidup di daerah
pegunungan biasanya membuat rumah-rumah yang beratap rendah. Mata pencaharian
mereka adalah bertani, beternak, dan berkebun. Pakaian yang dikenakan biasanya
tebal-tebal. Pakaian ini berguna untuk melindungi tubuh mereka dari cuaca
dingin. Gambar 8 Suasana di Daerah Pegunungan (Sumber: Encarta Encyclopedia) 2.
Kehidupan di Daerah Pantai Penduduk yang tinggal di daerah pantai bia- sanya
membuat rumah-rumah yang beratap tinggi. Mata pencaharian mereka berhubungan
dengan laut, seperti menangkap ikan, membuat tambak, pe- tani garam, dan
industri pengolahan ikan laut. Pa- kaian yang dikenakan penduduk pantai
biasanya tipis karena cuaca di daerah pantai umumnya sa- ngat panas. Gambar 9
Suasana di Daerah Pantai (Sumber: In- 3. Kehidupan di Daerah Dataran Rendah
sight Guides Indonesia) Di daerah dataran rendah kadang-kadang di- jumpai
sungai yang berkelok-kelok. Mata pencaha- rian penduduknya, antara lain
bertani, beternak, 162 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
·
171. dan berkebun. Sementara itu, di kawasan perkotaan banyak kita
jumpai industri-industri maju. Penduduk yang hidup di dataran rendah lebih
senang mengenakan pakaian yang tidak terlalu tebal maupun terlalu tipis.
Keadaan ini disebabkan cuaca di daerah dataran rendah umumnya tidak terlalu
panas juga tidak terlalu dingin. Termasuk di daerah manakah tempat tinggalmu?
Samakah keadaannya dengan uraian di atas? Gambar 10 Suasana di Daerah Dataran
Rendah KEGIATAN 3 Kegiatan Manusia pada Siang dan Sore Hari Lakukan pengamatan
terhadap kegiatan manusia pada saat siang dan sore hari. Pengamatan itu
meliputi pakaian yang dikenakan, makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta
pekerjaan yang di- lakukan. Tulis hasil pengamatanmu pada buku tugas lalu
diskusikan dengan teman-teman dan gurumu! AGAR DIINGAT 1. Cuaca adalah keadaan
udara di suatu tempat pada waktu tertentu. 2. Ilmu yang mempelajari cuaca
disebut meteorologi. 3. Iklim merupakan suhu rata-rata udara dalam waktu lama
pada daerah yang sangat luas. 4. Ilmu yang mempelajari iklim disebut
klimatologi. 163 Cuaca dan Pengaruhnya bagi Manusia
·
172. 5. Kondisi cuaca dipengaruhi oleh: a. suhu udara, b. tekanan udara,
c. kelembaban udara, d. letak suatu daerah, e. curah hujan, dan f. angin. 6.
Macam-macam kondisi cuaca, antara lain, cerah, berawan, di- ngin, berangin, dan
hujan. 7. Perbedaan kondisi cuaca menyebabkan perbedaan tata cara dan kegiatan
manusia. PETA KONSEP Cuaca meliputi Berawan Berangin Panas Dingin Hujan Cerah
simbol simbol simbol simbol simbol simbol 164 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD
dan MI
·
173. PELATIHAN A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan
menuliskan huruf a, b, c, atau d di buku tugasmu! 1. Ilmu yang mempelajari
cuaca disebut .... a. ekologi c. meteorologi b. hidrologi d. klimatologi 2.
Terjadinya angin dari suatu tempat ke tempat lain disebabkan oleh ada- nya
perbedaan .... a. kelembapan udara c. tempat yang luas b. tekanan udara d.
pemandangan alam 3. Berikut adalah tanda-tanda hujan akan turun, kecuali ....
a. angin bertiup kencang c. suhu dingin b. cuaca cerah d. awan tebal 4. Bila
kita berada di daerah bercuaca dingin, maka sebaiknya kita menggunakan pakaian
yang .... a. tebal c. berwarna gelap b. tipis d. berwarna putih 5. Alat yang
digunakan untuk mengukur kecepatan angin disebut .... a. dinamometer c.
barometer b. anemometer d. manometer B. Isilah titik-titik dari soal berikut di
buku tugasmu! 1. Ilmu yang mempelajari iklim disebut .... 2. Langit dalam
keadaan terang, matahari memancarkan sinarnya, tetapi tidak terlalu panas
adalah gambaran cuaca .... 3. Awan adalah .... 4. Awan dapat berpindah tempat
karena pengaruh .... 5. Cuaca mendung ditandai dengan awan yang berwarna ....
6. Indonesia adalah negara yang beriklim .... 7. Musim kemarau biasanya terjadi
antara bulan .... 165 Cuaca dan Pengaruhnya bagi Manusia
· 174. 8. Penduduk
yang hidup di daerah pesisir umumnya mengenakan pakaian yang .... 9. Bila
dibandingkan dengan daerah pegunungan, maka suhu di dataran rendah lebih ....
10. Rumah di daerah pegunungan umumnya beratap .... C. Kerjakanlah soal-soal
berikut di buku tugasmu! 1. Mengapa ketika cuaca cerah, udara tidak terasa
dingin? 2. Jika pada pagi hari langit terlihat berwarna kuning cerah, maka
bagai- manakah kira-kira cuaca pada siang harinya? 3. Bagaimana proses
terjadinya hujan? 4. Bagaimanakah tanda-tanda akan turun hujan? 5. Pada malam
hari, di daerah pantai berhembus angin darat. Jelaskan proses terjadinya angin
darat tersebut! 6. Sebutkan beberapa contoh tumbuhan yang sesuai untuk ditanam
di daerah pantai! 7. Persiapan apa yang kamu lakukan untuk melakukan kegiatanmu
bila ramalan cuaca hari ini bersimbol berikut? 8. Mengapa rumah-rumah di daerah
pantai umumnya beratap tinggi? 9. Bagaimana sebaiknya kita berpakaian saat
berada di tempat yang gersang dan panas pada siang hari? 10. Bagaimana hubungan
antara perbedaan kondisi cuaca dengan kegiatan yang dilakukan manusia? 166 Ilmu
Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan mi
No comments:
Post a Comment